Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi ngantuk setelah makan siang. (Foto: iStockphoto/Neustockimages)

Rasa kantuk dan lelah biasanya muncul di siang hari, tepatnya setelah makan siang. Padahal, ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, sementara jam pulang kerja masih cukup lama.

Lantas, bagaimana cara agar tidak mengantuk setelah makan?

Ketika rasa kantuk datang, Anda tentu tak bisa tidur sembarangan. Apalagi jika Anda sedang berada di kantor. Jika diketahui atasan, bisa-bisa Anda kena marah karena dianggap tidak profesional.

Menghilangkan rasa kantuk dengan minum kopi juga bukan jawaban yang baik. Apalagi jika Anda tidak bisa minum kopi, misal karena memiliki riwayat asam lambung yang sudah cukup parah.

Jika seperti itu, ada baiknya Anda mengikuti beberapa cara mengatasi ngantuk setelah makan berikut, mengutip berbagai sumber.

1. Jalan-jalan

Jika rasa kantuk mulai menyerang, bangunlah dari tempat duduk. Bahkan, mengutip NDTV, Anda disarankan untuk tidak langsung duduk di meja kerja setelah makan siang.

Sebaiknya, lakukan gerakan kecil seperti jalan berkeliling di sekitar ruang kerja. Cara ini akan membantu meningkatkan kadar oksigen dalam darah dan meningkatkan energi.

2. Mengunyah permen karet

Ilustrasi. Mengunyah permen karet, salah satu cara mengatasi ngantuk setelah makan. (iStockphoto/nyul)

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Physiology and Behaviour, mengunyah permen karet dapat mengurangi kelelahan. Tapi, tentu tidak boleh berlebihan.

Mengunyah permen karet dapat membantu menghilangkan rasa kantuk karena rahang yang terus bergerak. Kunyah permen karet setidaknya selama lima menit untuk mengembalikan energi Anda.

3. Perhatikan porsi makan

Hindari makan dalam jumlah besar di siang hari saat Anda bekerja. Bukan cuma itu, mengutip Vogue, cara Anda makan juga harus diperhatikan.

Jauhkan gawai dan berkonsentrasi pada apa yang Anda makan. Kunyah makanan dengan baik agar pencernaan bisa bekerja normal.

4. Gunakan jaket

Suhu ruangan yang dingin membuat rasa kantuk tak bisa ditepis. Bawalah jaket atau syal untuk membuat diri Anda tetap hangat ketika suhu AC kantor terlalu rendah.

5. Tidur awal di malam hari

Jika Anda kerap mengantuk di siang hari saat bekerja, bisa jadi karena saat malam jam tidur Anda berantakan.

Mengutip Cleveland Clinic, saatnya Anda mendengarkan tubuh. Misalnya, jika Anda mulai merasa lelah pada jam 9:30 malam atau jam 10 malam, cobalah bersantai dan tidur lebih awal.

Itulah tips yang bisa dilakukan untuk menjawab bagaimana cara agar tidak mengantuk setelah makan, terutama jika Anda tidak bisa minum kopi.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia