Manchester City menang telak 6-3 atas Manchester United pada laga Liga Inggris di Stadion Etihad, Minggu (2/10/2022). Striker Erling Haaland dan gelandang Phil Foden mencetak hattrick dalam pertandingan ini.

Pada babak pertama Man City unggul 4-0 lewat dua gol Erling Haaland pada menit ke-34 dan 37′. Sebelumnya tuan rumah membuka keunggulan melalui gol Phil Foland pada menit kedelapan, yang juga mencetak gol lain pada menit ke-44.

Man United baru bisa mencetak gol balasan pada menit ke-56 lewat tendangan spektakuler Antony. Setelah menerima umpan panjang Christian Eriksen, dari sisi kanan Antony masuk ke dalam mendekati kotak penalti.

Penjagaan dua pemain Man City termasuk Ilkay Gundogan membuat Antony kesulitan mendekat. Meski demikian pemain asal Brasil itu memiliki posisi ideal melepaskan tembakan kaki kiri dari jarak jauh.

Tembakan yang mengarah ke tiang jauh itu tidak bisa dijangkau Ederson.

Man City langsung merespons dengan mencetak gol tambahan pada menit ke-64 dengan hattrick Erling Haaland yang memanfaatkan umpan silang Sergio Gomez.

Phil Foden menambah penderitaan MU dalam pertandingan ini dengan mencetak gol keenam bagi Man City pada menit ke-73.

Bobroknya pertahanan MU dimanfaatkan Haaland dan Foden guna berkolaborasi. Umpan terobosan Haaland diterima Foden yang lolos dari jebakan offside.

Dengan timing yang pas Foden melepaskan tembakan kaki kiri ke pojok kiri atas gawang David de Gea. Skor 6-1 untuk Man City.

Anthony Martial yang masuk di babak kedua memperkecil kedudukan jadi 2-6 pada menit ke-84. Gol Martial tercipta setelah tendangan Fred ditepis Ederson, bola liar disundul Martial masuk ke gawang.

MU berpeluang menambah gol setelah Joao Cancelo melanggar Martial di kotak penalti. Penalti yang dieksekusi langsung Martial membuat MU memperkecil jarak jadi 3-6 pada menit ke-90+1.

Tanpa tambahan gol, Man City menang 6-3 atas Man United.

Susunan pemain inti Man City vs MU:

Man City:
Ederson; Kyle Walker, Joao Cancelo, Nathan Ake, Manuel Akanji; Ilkay Gundogan, Kevin De Bruyne; Jack Grealish, Bernardo Silva, Phil Foden; Erling Haaland.

Man United:
David De Gea; Diogo Dalot, Raphael Varane, Lisandro Martinez, Tyrell Malacia; Christian Eriksen, Scott McTominay; Jadon Sancho, Bruno Fernandes, Antony; Marcus Rashford

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia