Anggota DPRD Provinsi Kepri Sirajudin Nur memberikan kelas motivasi di Aula Sekolah Hang Nadim Malay School, Batam.

Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Sirajudin Nur hadir memberikan kelas motivasi di Aula Sekolah Hang Nadim Malay School di Kota Batam, Selasa (27/9/2022).

Kelas motivasi dengan tema “Pendidikan dan Masa Depan” itu diikuti sekitar 300 orang siswa dari tingkat SD, SMP, hingga SMA, dan 50 orang guru serta Pengurus Yayasan Abdul Gani.

“Menjadi suatu kebanggaan bagi saya secara pribadi, karena dapat bertatap muka memberikan kelas motivasi kepada anak-anak dan bapak/ibu sekalian,” kata Sirajudin Nur.

Dalam kesempatan itu, Sirajudin Nur menekankan betapa pentingnya kualitas pendidikan bagi anak-anak generasi penerus bangsa sebagai syarat mutlak mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Menurutnya pendidikan berkualitas bermula dari kualitas pendidik atau tenaga pengajar dan pemahaman peserta didik akan pentingnya pendidikan dan pengetahuan.

“Semua pihak bertanggung jawab untuk merumuskan dan bertindak secara cepat dan tepat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Batam khususnya, dan Kepri pada umumnya,” ujar dia.

Politisi PKB itu menyebut kondisi dunia pendidikan di Kepri sejauh ini masih menyisakan sejumlah persoalan mendasar, antara lain kesenjangan kualitas pendidik, sarana prasarana sekolah, akses, dan penerapan teknologi pembelajaran.

Ia menilai peta kualitas pendidikan di Kepri belum sepenuhnya merata, karena dengan luas geografis 96 persen lautan, tentu masih banyak satuan pendidikan/sekolah yang memerlukan perhatian khusus pemerintah, terutama di pulau-pulau terluar, terdepan, dan tertinggal atau 3T.

“Makanya, saya sebagai legislator yang membidangi pendidikan terus upaya keras mewujudkan pemerataan kualitas pendidikan di pulau-pulau terluar, mulai dari fasilitas pendidik yang memadai hingga pemenuhan sarana dan prasarana yang tidak kalah lengkap dengan sekolah-sekolah di kawasan perkotaan,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Sirajudin Nur juga sedikit bercerita bagaimana pendidikan membuatnya mencapai kesuksesan hari ini, salah satunya capaian menjadi anggota DPRD Kepri selama dua periode.

Ia menyebut meskipun ibunya dulu adalah seorang penjual kue di Bengkong, Batam. Namun, orangtuanya tidak pernah menyepelekan pendidikannya, bahkan sejak SD hingga kuliah, Sirajudin Nur disekolahkan di satuan pendidikan swasta.

“Sejak sekolah hingga kuliah  saya bertekad dan bekerja keras agar tidak mengecewakan orangtua yang telah menyekolahkan saya. Alhamdulillah, sejak lulus kuliah saya mampu bersaing dalam dunia kerja dengan penghasilan yang bisa dikatakan mumpuni,” demikian Sirajudin Nur.

Oleh karena itu, Sirajudin Nur mengajak para orangtua memperhatikan kualitas pendidikan anak sejak dini, karena percaya atau tidak pendidikan menjadi salah satu jalan menuju kesuksesan di masa depan.

Editor: HER