Ada berbagai cara untuk mengatasi masalah kolesterol tinggi. Salah satunya adalah kacang untuk penderita kolesterol. (Pezibear/Pixabay)

Ada berbagai cara untuk mengatasi masalah kolesterol tinggi. Salah satunya adalah kacang untuk penderita kolesterol.

Kolesterol adalah molekul lemak dalam tubuh. Sebenarnya ada dua jenis kolesterol dalam tubuh, yaitu LDL dan HDL atau kolesterol baik dan kolesterol jahat. Seseorang yang punya kadar kolesterol jahat atau LDL yang tinggi bakal berisiko untuk mengalami penyakit arteri koroner, aneurisma aorta, sampai stroke.

Mengutip Medical News Today, konsumsi kacang-kacangan adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan kolesterol.

Menurut penelitian, kacang kaya akan bahan kimia yang disebut pitosterol. Bahan kimia ini dapat menghentikan tubuh menyerap kolesterol sebanyak mungkin. Hal ini kemungkinan disebabkan karena struktirnya mirip dengan kolsterol, sehingga mereka bersaing satu sama lain untuk diserap tubuh.

Studi tersebut mencatat bahwa konsumsi kacang dapat menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL seseorang tanpa membuat perubahan signifikan pada kadar kolesterol HDL mereka.

Berikut beberapa jenis kacang untuk penderita kolesterol

1. Kenari

Banyak studi menyebut bahwa kenari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Namun, efek ini lebih terasa ketika kenari menyumbang antara 10 persen dan 25 persen dari asupan energi harian seseorang. Ada kurang dari efek ketika angka itu kurang dari 10 persen.

2. Kacang Mede

Menurut studi pada 2017 di Amerika, memasukkan kacang mete ke dalam makanan dapat membantu seseorang menurunkan kadar kolesterol total dan LDL mereka.

Hanya saja penelitian lanjutan pada 2018 menyebut bahwa konsumsi kacang mete tidak berpengaruh signifikan terhadap kolesterol total, LDL, atau HDL. Sehingga penelitian lanjutan pun diperlukan.

3. Almond

Mengutip Mayo Clinic, Almond dan kacang pohon lainnya dapat menurunkan kolesterol darah. Sebuah studi baru-baru ini menyimpulkan bahwa diet yang dilengkapi dengan kenari dapat menurunkan risiko komplikasi jantung pada orang dengan riwayat serangan jantung.

Semua kacang mengandung kalori tinggi, jadi segenggam penuh ditambahkan ke salad atau dimakan sebagai camilan sudah cukup.

4. Hazelnut

Studi pada 2016 menemukan orang yang memasukkan hazelnut ke dalam makanan mereka memiliki kadar kolesterol total dan LDL yang lebih rendah, tanpa efek pada kolesterol HDL mereka.

Penulis penelitian berhipotesis bahwa kandungan serat yang tinggi dari hazelnut mungkin berkontribusi pada efek ini. Menurut USDA, 100 g hazelnut yang tidak dipanggang mengandung 9,7 gram serat.

5. Kacang tanah

Mengutip SF Gate, kacang tanah merupakan sumber protein nabati, lemak tak jenuh, serat dan mineral yang sehat. Satu porsi 1 ons, setara dengan 28 gram atau sekitar segenggam, memiliki 161 kalori, 4,6 gram karbohidrat, 7,3 gram protein, 14 gram lemak total, dan 2,4 gram serat total. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kacang dapat menurunkan low-densitylipoprotein, atauLDL, kolesterol “jahat”.

Ini juga termasuk kacang yang baik untuk penderita kolesterol. Makan kacang tanah juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia