Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Riau Hj. Dewi Kumalasari Ansar membuka kegiatan Dekranasda Festival (DekraFest) tahun 2022 di Bintan Expo, Tanjungpinang, Kamis (22/9/2022). Kegiatan DekraFest ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-20 Provinsi Kepulauan Riau.

Dewi Ansar mengatakan setelah lebih kurang 2 tahun Pemprov Kepri membatasi berbagai kegiatan keramaian akibat pandemi Covid-19, maka tahun ini dapat kembali merayakan hari jadi dengan berbagai rangkaian acara salah satunya dengan DekraFest.

“Dengan DekraFest ini semoga bisa membangkitkan kembali ekonomi Kepri yang sempat lesu akibat pandemi Covid-19. Hal ini sejalan dengan slogan hari jadi Kepri tahun ini yaitu ‘Ekonomi Pulih, Kepri Sejahtera’,” kata Dewi Ansar.

Dewi juga mengatakan jika dalam rangka hari jadi ini Dekranasda Kepri ikut berpartisipasi dengan melaksanakan kegiatan DekraFest tahun 2022 ini yang melibatkan berbagai stakeholder di bidang pengembangan kerajinan daerah khususnya kerajinan Wastra dan para pelaku industri kecil dan menengah.

“Ini adalah satu bentuk upaya dalam mendukung sektor kerajian dan IKM untuk dapat terus memberikan kontribusi yang positif bagi perekonomian Kepri,” imbuh Dewi Ansar.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan DekraFest ini sebagai wadah bagi para pengrajin dan pelaku IKM untuk terus berkreasi dan berkarya serta sebagai ajang bertemu bagi para pengrajin dengan pasar dan buyer potensial yang para pelaku IKM harapkan.

“Melalui kegiatan ini juga diharapkan menjadi ajang bertemunya para pelaku usaha kita, Selain itu Kegiatan DekraFest ini juga ada sebagai wahana edukasi dan fasilitasi bagi para pengrajin, pelaku IKM, Pemerintah, pihak perbankan dan pihak swasta,” tuturnya.

Kegiatan DekraFest ini diisi berbagai rangkaian kegiatan yaitu diawali dengan pembukaan, showcasing, business matching, talk show, dan ditutup dengan Fashion Show.

Dekranasda juga melaunching website Dekranasda Kepri dan launching aplikasi Gema E Kraft yang merupakan aplikasi market place yang dibangun untuk pelaku ekonomi kreatif yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kepri.

Editor: HER