Ilustrasi pesawat yang catnya berwarna putih. Foto: Ist Dok Emirates

Bagi yang gemar naik pesawat komersil, apakah kamu sering mengamati bagian-bagian dari burung besi tersebut? Sebenarnya ada fakta-fakta tersembunyi di pesawat.

Jika sebelumnya kita tahu soal pintu pesawat selalu di sebelah kiri dan alasan jendela pesawat berbentuk oval, sekarang terdapat fakta lainnya yang sering kamu lihat pula.

Pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa kebanyakan pesawat dicat berwarna putih? Ada alasan ilmiah soal mengapa cat pesawat didominasi warna putih.

Berikut 5 alasan ilmiah kenapa kebanyakan pesawat dicat putih, seperti dilansir aircraftnerds.com,

1. Keuntungan Termal

Secara ilmiah, objek yang dicat putih tidak dapat menyerap warna apapun (panjang gelombang cahaya apa pun) sehingga mereka memantulkan semua warna (Semua panjang gelombang cahaya) dan kita melihat warna itu sebagai putih. Putih sebenarnya adalah campuran dari semua warna.

Cahaya adalah gelombang elegtromagnetik yang memiliki panjang gelombang 400 – 700 nm (nanometer).

Saat pesawat dicat dengan warna lain selain putih, itu akan menyerap cahaya (panjang gelombang) dari warna itu dan mengubah energi cahaya yang diserap menjadi energi panas. Ini akan memanaskan badan pesawat.

Jadi, ketika pesawat dicat putih, itu akan memantulkan semua panjang gelombang cahaya dan karenanya tidak akan menyerap cahaya apa pun dan itu akan mengakibatkannya tidak terlalu panas. Warna putih membantu mendinginkan pesawat lebih cepat saat pesawat diparkir di daratan yang panas.

2. Faktor Visibilitas

Ketika sebuah pesawat jatuh, akan menjadi lebih mudah untuk menemukannya jika warnanya putih. Karena putih mudah terlihat di tanah dari langit, bahkan di malam hari.

3. Pemeriksaan Badan Pesawat

Sangat mudah untuk menemukan penyok atau retakan pada warna putih daripada warna lainnya. Oleh karena itu, insinyur perawatan pesawat dapat dengan mudah mengetahui cacat pada tubuh pesawat. Juga, tidak ada warna yang lebih terang dari putih, karena semua warna lebih gelap dari putih.

Sehingga jika terjadi kebocoran pada bahan bakar maka akan membentuk noda pada body pesawat, dan dapat dideteksi dari lokasi noda tersebut. Juga jika ada korosi yang terjadi pada setiap bagian dari tubuh pesawat dapat dengan mudah dideteksi dengan inspeksi visual.

4. Warna Putih Tidak Pudar

Warna lain memudar saat terkena sinar UV (sinar Ultra Violet) yang ada di bawah sinar matahari. Karena sinar UV mampu memecah ikatan yang ada dalam cat yang menyerap panjang gelombang warna tertentu.

Seperti disebutkan sebelumnya, warna putih tidak menyerap panjang gelombang warna apa pun. Oleh karena itu, warna putih tidak terlalu terpengaruh oleh sinar UV. Sementara warna putih menjadi kusam, itu masih terlihat lebih baik daripada warna apa pun yang memudar!

5. Logo Dapat Dilihat dengan Mudah pada Warna Putih

Sekali lagi, semua warna lebih gelap dari putih. Setiap warna gelap dapat dilihat dengan mudah dengan warna putih. Oleh karena itu, mudah untuk mengidentifikasi nama dan logo perusahaan yang tercetak di pesawat.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia