Lemon populer dalam menambah rasa minuman. Berikut manfaat dan cara mengolah irisan buah kaya vitamin C ini. (iStockphoto/elena_hramowa)

Lemon sejak lama populer sebagai penambah rasa bagi minuman dingin maupun hangat. Irisan buah yang kaya vitamin C ini kerap digunakan untuk berbagai hal, mulai dari hiasan koktail hingga penambah rasa yang kuat untuk teh panas.

Berikut ini manfaat dan cara mengolah buah lemon.

1. Memberi Energi

Melansir Martha Stewart, lemon dapat memberikan manfaat restoratif, seperti penambahan energi bagi tubuh.

Menurut Ahli Gizi Holistik Julie Hefner, lemon baik dikonsumsi di pagi hari karena dapat membuat orang lebih kenyang serta baik untuk kulit.

“Lemon bisa membuat Anda kenyang dan baik untuk kulit,” ujarnya.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Lemon juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Direktur medis dan managing partner Monarch Athletic Club Dr. Ryan M. Greene mengatakan bahwa menambah tetesan lemon ke dalam air dapat membantu seseorang lebih sehat dan mempercepat proses penyembuhan ketika terserang flu.

“Jenis serat ini akan membantu memberi makan bakteri mikrobioma baik yang memperkuat fungsi sistem kekebalan tubuh,” ujarnya.

Cara Mengolah Air Lemon

Untuk membuat air perasan lemon yang segar, cuci dan buanglah kulit lemon sebelum merendam dalam air selama sekitar 20-30 menit. Cara ini akan membantu vitamin, mineral, dan komponen berserat lainnya dari buah lemon untuk larut dalam minuman.

Penting untuk diingat, seseorang tetap memerlukan hidrasi yang cukup meski sudah mengonsumsi air lemon. Hal itu lantaran sistem pencernaan tetap perlu dijaga keoptimalannya melalui air mineral.

“Secara keseluruhan, bagi kebanyakan individu, mengonsumsi sekitar tiga liter air setiap hari merupakan awal yang baik untuk memastikan hidrasi yang memadai,” kata Dr. Greene.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia