Bhabinkamtibmas Polsek Bunguran Timur Kabupaten Natuna, Brigadir Mudiyanto menjadi tokoh inspiratif bidang pendidikan.

Bhabinkamtibmas Polsek Bunguran Timur Kabupaten Natuna, Brigadir Mudiyanto memenangi anugerah Semangat Kepri Award 2022.

Mudiyanto yang bertugas di Kelurahan Ranai Kota menjadi tokoh inspiratif bidang pendidikan karena turut mencerdaskan anak-anak di Natuna melalui perpustakaan keliling dan rumah baca yang ia dirikan.

“Ini menambah semangat bagi saya untuk membawa misi literasi di daerah, khususnya Natuna,” kata Mudiyanto, Minggu (11/9/2022).

Mudiyanto menuturkan, program perpustakaan keliling dan pendirian rumah baca tak lepas dari keprihatinannya melihat rendahnya minat baca anak-anak di Natuna.

Dengan menggunakan gaji, ia pun memodifikasi motor dinasnya sebagai perpustakaan keliling ke sekolah-sekolah dan Desa-desa pada tahun 2017 silam.

“Saya selalu berharap minat baca anak-anak terus meningkat sehingga nantinya mereka membawa perubahan di daerah (Natuna) ini,” tuturnya.

Melihat program perpustakaan keliling diminati anak-anak, pada tahun 2018, ia menjadikan rumahnya sebagai perpustakaan mini atau rumah baca.

Ini dimaksudkan untuk mempermudah anak-anak meminjam buku ataupun membaca di tempat.

“Melihat anak-anak semakin antusias membaca buku membuat saya semakin semangat berinovasi hal-hal lainnya yang bisa meningkatkan minat baca mereka,” ujarnya.

Mudiyanto menerangkan, meskipun memiliki kesibukan meningkatkan literasi anak, ia tetap menjalankan tugasnya sebagai anggota kepolisian. Baginya, tugas sebagai anggota Polri merupakan kewajiban yang utama.

“Bukan berarti dengan kegiatan ini saya izin dinas karena semuanya disesuaikan dengan jadwal dinas saya,” terangnya.

Mudiyanto menyampaikan bahwa perpustakaan keliling dan rumah baca sudah memiliki 1.500 koleksi buku.

Buku ini sebagian besar disumbangkan oleh pegiat literasi di seluruh daerah di Indonesia.

Selain memiliki ribuan koleksi buku, Mudiyanto juga sudah memiliki 3 motor yang digunakan sebagai perpustakaan keliling.

“Toko buku di Natuna kan jauh dan nggak ada orang jual buku, kalau di rumah baca saya kan mengharapkan donatur,” ucapnya.

Anggota DPRD Kepri 2 periode yang juga penggagas Semangat Kepri Award 2022, Sirajudin Nur mengapresiasi pengabdian Brigadir Mudiyanto mencerdaskan anak-anak Natuna.

Ia optimis, pemberian anugerah Semangat Kepri Award 2022 akan memotivasi Mudiyanto untuk mengabdi semakin giat.

“Saya percaya bahwa seberapa kecil pun tindakan yang kita ambil untuk membantu orang lain akan membawa perubahan kepada masyarakat Kepulauan Riau,” ucapnya.

Anggota Komisi IV itu juga meminta agar masyarakat Kepri mencontoh pengabdian Brigadir Mudiyanto yang tanpa pamrih.

Sirajudin pun berharap melalui pemberian apresiasi berupa anugerah award semakin banyak tokoh-tokoh inspiratif di Kepri.

“Saya selalu mendorong hadirnya Mudiyanto-mudiyanto yang baru di masa depan. Ke depan, anugerah Semangat Kepri akan saya gelar tiap tahunnya,” tambahnya.

Editor: HER