Dalam enam bulan belakangan sudah ada delapan pengusaha Rusia yang meninggal secara mendadak, bahkan penyebabnya misterius. Deretan pengusaha yang meninggal didominasi pimpinan perusahaan minyak dan gas swasta terbesar di Rusia.

Dikutip dari CNN, Senin (5/9/2022), delapan pengusaha meninggal ada yang karena bunuh diri dan kecelakaan yang belum diketahui penyebabnya. Hal ini telah terjadi sejak Januari 2022.

Pengusaha Rusia yang Meninggal Mendadak:

 

1. Ravil Maganov

Pimpinan dari perusahaan minyak ternama Rusia, Lukoil meninggal karena melompat dari jendela rumah sakit di Moskow, menurut kantor berita Rusia TASS. Namun, hingga saat ini belum diketahui apa penyebab Ravil Maganov melompat dari jendela rumah sakit.

Perusahaan hanya memberikan keterangan bahwa Ravil Maganov meninggal setelah sakit parah.

2. Alexander Subbotin

Manajer top Lukoil lainnya, Alexander Subbotin, ditemukan tewas di dekat Moskow pada Mei 2022. Atas tewasnya Subbotin, polisi membuka penyelidikan adanya dugaan tindakan kriminal atas kasus tersebut.

3. Leonid Shulman

Kepala Bidang Transportasi Gazprom Invest, Leonid Shulman ditemukan tewas di desa Leninsky dekat Leningrad pada 30 Januari 2022. Leonid Shulman diketahui tewas karena bunuh diri, berdasarkan penyelidikan kepolisian.

4. Alexander Tyulakov

Pimpinan lainnya dari Gazprom yang meninggal dunia secara mendadak yakni Alexander Tyulakov. Ia ditemukan tewas di garasinya pada 25 Februari. Novaya Gazeta, sebuah surat kabar independen Rusia melaporkan dia meninggal karena bunuh diri.

5. Vladislav Avayev

Mantan wakil presiden Gazprombank, Vladislav Avayev ditemukan tewas bersama istri dan putrinya di apartemennya di Moskow pada 18 April. Mengutip sumber dalam penegakan hukum, pihak berwenang sedang menyelidiki kematian keluarga Avayev dengan adanya indikasi pembunuhan dan bunuh diri.

6. Igor Volobuev

Igor Volobuev, mantan Wakil Presiden Gazprombank yang baru-baru ini meninggalkan Rusia ke Ukraina. Belum diketahui penyebab kematian dari Volobuev karena apa.

7. Sergey Protosenya

Pada 19 April, Sergey Protosenya, mantan eksekutif produsen gas Novatek, ditemukan tewas di rumahnya di Lloret de Mar, sebuah resor Mediterania dekat Barcelona. Protosenya diketahui juga sebagian dimiliki oleh Gazprom. Sumber resmi yang dekat dengan penyelidikan mengatakan tubuh Protosenya ditemukan di taman di luar.

8. Mikhail Watford

Mikhail Watford, miliarder minyak dan gas Rusia kelahiran Ukraina, ditemukan tewas di rumahnya di Surrey, Inggris pada 28 Februari. Polisi Surrey mengatakan belum menemukan hal yang mencurigakan atas kematian dari Watford.

9. Vasily Melnikov

Pengusaha Rusia lainnya, Vasily Melnikov ditemukan tewas bersama keluarganya di Nizhny Novgorod pada akhir Maret, menurut surat kabar Rusia Kommersant.

Melnikov adalah pemilik dari MedStom, sebuah perusahaan perlengkapan medis. Berdasarkan laporan Komite Investigasi Rusia, seorang pria berusia 43 tahun, istrinya, 41, dan dua anak berusia empat dan 10 ditemukan tewas ditikam pada 23 Maret.

Editor: HER

S