Gubernur Kepulauan Riau yang juga merupakan Majlis Pembimbing Daerah (Mabida) Pramuka Provinsi Kepri H. Ansar Ahmad melantik Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Lingga masa bhakti 2022-2027 di Gedung Nasional, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Jumat (2/9/2022).

Bupati Lingga Muhammad Nizar dalam kesempatan ini dilantik sebagai Mabicab Pramuka Kabupaten Lingga dan Drs. Junaidi Azam sebagai Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Lingga.

Di tempat yang sama, gubernur yang juga melantik kepengurusan ICMI Orda Kabupaten Lingga 2022-2027. Ketua ICMI Orda Kabupaten Lingga terpilih adalah Muhammad Rizal.

Gubernur Ansar berpesan kepada seluruh pengurus Kwarcab Pramuka untuk bersungguh-sungguh menjalankan dan membesarkan organisasi ini sesuai dengan fungsi dan tujuan awal.

Sejak Indonesia merdeka, kata Ansar, organisasi kepanduan tumbuh subur dengan berbagai macam nama. Semua organisasi kepanduan yang ada di lebur dan digabung menjadi satu menjadi Praja Muda Karana (Pramuka) sejak tahun 1961 dengan lambang Tunas Kelapa.

Pramuka sendiri memiliki peran penting dan bahkan telah menjadi ujung tombak pendidikan karakter bangsa sejak dibentuk.

Sementata, kepada pengurus ICMI, gubernur berpesan agar mampu berjalan sesuai semangat awal ICMI dibentuk. Semangat mengembangkan SDM yang berkualitas di Indonesia yang berdasarkan Alquran dan sunnah yang berbasis pengembangan ilmu dan teknologi guna mewujudkan cita-cita bangsa berdasarkan UUD 1945.

“ICMI lahir bukan kebetulan, tapi karena adanya tuntutan ketika itu. Organisasi ini diisi oleh orang-orang terpelajar, berwawasan terbuka dan meliputi berbagai latar belakangbkeilmuan serta profesi. ICMI juga berperan besar dalam pembangunan di Kepri,” pungkas Ansar.

Editor: HER