Internet jadi kebutuhan sehari-hari bagi banyak orang. Bisa dari jaringan seluler ataupun wifi yang dipasang di rumah dan tempat publik.

Namun kita mungkin pernah lupa dengan password wifi sendiri atau tidak mengetahui kata sandi untuk tempat publik. Ternyata ada cara mudah untuk mengetahuinya khusus untuk pengguna Android.

Tapi perlu dicatat metode menemukan password Wifi di ponsel Android ini berfungsi pada perangkat di Android 10 atau lebih. Berikut caranya, dikutip Android Police, Rabu (24/8/2022):

1. Masuk ke menu Settings
2. Klik Network & Internet
3. Pilih Internet
4. Cari jaringan yang ingin kamu ketahui passwordnya
5. Kamu akan menemukan ikon gear di bagian kanan jaringan wifi tersebut
6. Pilih tombol Share dengan ikon kode QR
7. Kamu akan mengonfirmasi kode buka kunci
8. Pindai kode QR atau salin dan tempel password di bawahnya

Namun untuk yang tidak menyuskai kode QR, di bagian bawahnya akan menampilkan password yang mudah dicopy dan paste.

Mengamankan Password Wifi

Android Police juga mengingatkan untuk menjaga keamanan password wifi. Misalnya saja dengan memasang kata sandi yang kuat pada jaringan tersebut.

Namun hal itu juga ada kendala dengan lusinan akun dan memori yang terkadang lupa dengan password yang diatur sebelumnya. Inilah yang membuat banyak pengguna menggunakan password yang pendek dan lemah.

Android Police mengatakan platform pengelola kata sandi adalah langkah pertama yang bagus. Ini bisa memberikan lapisan keamanan tambahan yang menjaga informasi tetap aman dan mengingatkan saat kata sandi telah disusupi.

Editor   : ARON
Sumber: cnbcindonesia