Ilustrasi. Alih-alih dibuang, ampas kopi justru bisa dimanfaatkan kembali untuk tanaman. Sebab, ada banyak manfaat ampas kopi untuk tanaman hias. (Foto: iStockphoto/CalypsoArt)

Anda punya ampas kopi? Sebaiknya jangan dibuang usai menyeduh kopi, tetapi digunakan sebagai pupuk. Sebab, ada banyak manfaat ampas kopi untuk tanaman hias.

Ada banyak nutrisi di ampas kopi yang bermanfaat untuk menyuburkan sekaligus mempercantik tanaman hias.

Mulai dari kafein, zat asam, mineral, protein, sampai nitrogen. Selain itu, kadar asam kopi yang netral bisa berguna untuk pupuk tanaman hias.

Kafein misalnya, cocok digunakan sebagai pupuk untuk tanaman dengan kadar asam tinggi seperti anggrek. Manfaat ampas kopi untuk anggrek, yaitu bisa mencerahkan warna bunganya.

Tak hanya anggrek, ampas kopi juga cocok diberikan ke tanaman hias jenis aglaonema. Manfaat kopi untuk aglaonema adalah sebagai pupuk daun.

Aglaonema yang berdaun cantik, bisa semakin baik pertumbuhan daunnya jika diberi ampas kopi. Selain anggrek dan aglaonema, ampas kopi juga cocok diberikan ke tanaman hias seperti azalea, bunga bakung, sampai pinus.

Manfaat Ampas Kopi untuk Tanaman Hias
Lantas, apa saja manfaat ampas kopi untuk tanaman hias? Berikut penjelasannya.

1. Mencerahkan warna bunga
Tanaman hias identik dengan bunga yang cantik, seperti anggrek. Nah, warnanya bisa semakin cerah jika diberi ampas kopi.

Hal ini karena ampas kopi punya kandungan kafein yang cocok untuk tanaman dengan kadar asam tinggi. Selain itu, pada tanaman hias lain, seperti azalea dan bunga bakung, ampas kopi bisa mencerahkan warna bunga karena memiliki kadar asam netral.

Kadar asam netral bisa memberi tambahan energi dan nutrisi bagi tanaman, sehingga tumbuh sehat, subur, dan cantik.

2. Menyehatkan daun
Tak hanya bunga, banyak juga tanaman hias yang punya daun-daun cantik. Ampas kopi juga cocok untuk menyehatkan daun pada tanaman hias, sehingga tumbuh lebih sehat dan warnanya semakin cantik.

Penggunaan ampas kopi pada tanaman hias sering disebut sebagai pupuk daun. Tanaman hias yang perlu perawatan khusus pada daun dan batangnya, bisa menggunakan ampas kopi sebagai pupuknya.

Bagaimana cara membuat pupuk dari ampas kopi? Cukup tambahan air pada ampas kopi, lalu aduk sampai merata, kemudian semprotkan ke daun dan batang pada tanaman hias.

3. Makanan untuk cacing tanah
Salah satu kunci tanaman tumbuh dengan baik adalah tanah yang subur. Tanah yang subur bisa didapat dengan keberadaan cacing.

Cacing tanah rupanya menyukai bubuk kopi, termasuk ampasnya. Bahkan, ampas kopi bisa menjadi sumber makanan baik bagi cacing tanah.

Hanya saja, jangan memberi ampas kopi terlalu banyak pada tanah yang bercacing. Sebab, bisa membuat kadar asam tanah jadi terlalu tinggi dan mengganggu cacing.

Cukup taburkan satu cangkir ampas kopi yang sudah kering di permukaan tanah. Ampas kopi bisa diberikan setiap minggu.

4. Penambah kandungan nitrogen
Manfaat ampas kopi untuk tanaman hias selanjutnya adalah penambah sumber nitrogen organik pada tanah. Lantas, apa fungsi nitrogen bagi tanaman?
Nitrogen bisa merangsang pertumbuhan tanaman. Mulai dari akar, batang, sampai daun. Dengan begitu, tanaman akan lebih mudah tumbuh dan berbunga.

5. Mencegah jamur
Pertumbuhan tanaman hias bisa terganggu bila ada jamur. Untuk itu, penting untuk mencegah pertumbuhan jamur pada tanaman hias.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan ampas kopi. Pasalnya, kandungan kafein pada ampas kopi ternyata bisa menangkal infeksi jamur pada tanaman hias.

Caranya mudah, cukup taburkan ampas kopi di sekitar batang dan pangkal tanaman. Hal ini bisa dilakukan setiap dua minggu sekali.

6. Pelindung tanaman atau mulsa
Selain mencegah jamur, ampas kopi juga bisa melindungi tanaman dari risiko lain. Misalnya, erosi, penahan kadar air berlebih, menjaga kelembapan suhu tanah, sampai mencegah penyakit pada tanaman.

Manfaat ampas kopi untuk tanaman hias sebagai mulsa ini muncul ketika ampas kopi mulai membusuk di dalam tanah. Proses pembusukan ini menghasilkan nitrogen.

7. Pengusir hama
Ampas kopi juga bisa mengusir hama, seperti bekicot dan siput telanjang. Kedua hama ini kerap menghambat proses pertumbuhan tanaman hias karena suka memakan daun tanaman.

Penelitian menunjukkan bahwa kafein merupakan zat yang beracun bagi siput. Kafein pada ampas kopi bisa membuat siput menghindari tanaman.

Bahkan, bisa mencegah siput untuk beranak-pinak di sekitar tanaman. Selain kedua hama tersebut, aroma dari ampas kopi rupanya juga tak disukai kupu-kupu, sehingga bisa mencegah munculnya ulat daun.

Cara menggunakan ampas kopi untuk mengusir hama mudah. Taburkan ampas kopi di sekitar tanaman hias agar hama tidak mau mendekat.

Namun perlu diingat, jangan menaburkan ampas kopi terlalu banyak atau tebal karena bisa menghambat air masuk ke tanah.

8. Campuran pupuk kompos
Ampas kopi bisa digunakan sebagai campuran untuk membuat pupuk kompos. Cara membuat pupuk dari ampas kopi hanya tinggal mencampurkan ampas kopi dengan bahan-bahan pupuk kompos lainnya, seperti sisa sayuran, kulit buah, daun-daun kering, umbi-umbian, hingga cangkang telur.

Aduk ampas kopi dengan berbagai limbah dapur tersebut, kemudian beri ke tanaman hias. Ini akan memberikan nutrisi bagi tanaman hias, sehingga bisa tumbuh sehat.

Tak hanya menyehatkan tanaman, pupuk kompos buatan sendiri juga bisa mengurangi limbah dan emisi gas rumah kaca. Yang tak kalah penting, ramah di kantong alias tak perlu mengeluarkan uang.

Itulah 8 manfaat ampas kopi untuk tanaman hias. Jadi mulai sekarang, jangan langsung buang ampas kopi karena bisa digunakan untuk tanaman hias di rumah. Selamat mencoba.

Editor: ARON
Sumber: cnnindonesia