Soda kue atau dikenal juga sebagai baking soda merupakan senyawa kimia yang termasuk kelompok garam. Senyawa ini merupakan campuran natrium dan hidrogen menjadi natrium bikarbonat atau NaCHO3.

Biasanya, baking soda digunakan untuk mengembangkan kue atau roti. Namun, sebenarnya ada juga manfaat baking soda untuk tanaman.

Yang paling populer adalah manfaat baking soda untuk fungisida alias pembasmi infeksi jamur pada tanaman. Dalam hal ini, soda kue digunakan untuk pupuk tanaman.

Dengan begitu, tanaman terbebas dari infeksi jamur dan bisa tumbuh subur. Bahkan, bunga pada tanaman jadi lebih segar.

Selain dua hal tersebut, masih banyak manfaat baking soda untuk tanaman. Berikut daftarnya, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Basmi jamur
Manfaat baking soda untuk tanaman yang paling populer adalah pembasmi jamur. Baking soda bisa membasmi jamur karena bisa membantu kadar asam tanaman berkurang.

Jamur perlu dibasmi karena bisa menimbulkan penyakit pada tanaman. Selain itu, keberadaan jamur juga mengurangi kesegaran dan tampilan tanaman.

Untuk membasmi jamur, campurkan 1 sendok teh baking soda dengan 3 tetes sabun cair dan 1 liter air. Larutkan dan kemudian semprot ke daun tanaman.

Cara ini juga bisa digunakan untuk membersihkan debu pada tanaman. Dengan begitu, tanaman yang kusam jadi lebih bersih.

Anda hanya perlu menuangkan cairan baking soda ke kain, lalu usap secara perlahan ke daun tanaman.

2. Pupuk tanaman
Baking soda juga bisa menjadi pupuk untuk tanaman. Sebagai pupuk, baking soda bisa menambah kesuburan tanaman agar tumbuh lebih sehat.

Cara menggunakan baking soda sebagai pupuk, yaitu campurkan 1 sendok makan baking soda, setengah sendok makan amonia, dan 1 sendok teh garam epsom. Larutkan dalam air sebanyak 4,5 liter, lalu siram ke tanaman.

3. Kurangi bau popok kompos
Selain bisa menjadi pupuk, baking soda juga bermanfaat untuk mengurangi bau tidak sedap pada penggunaan popok kompos atau pupuk organik dari sampah dapur.

Caranya, larutkan baking soda dengan air, lalu campurkan ke wadah penyimpanan pupuk kompos. Dengan begitu, bau tak sedap di pupuk kompos jadi berkurang.

4. Segarkan bunga
Manfaat baking soda untuk tanaman selanjutnya adalah menyegarkan bunga tanaman. Khususnya, bunga yang sudah dipetik dan ditaruh dalam vas sebagai pajangan di dalam ruangan.

Biasanya, bunga yang sudah dipetik akan layu lebih cepat daripada yang masih ada di tanaman. Namun, 1 sendok teh baking soda yang dicampurkan ke air di dalam vas bunga bisa menjaga kesegaran bunga lebih lama.

5. Bikin tomat jadi lebih manis
Khusus pada tanaman tomat, baking soda bisa membuat buah jadi lebih manis. Sebab, baking soda bisa menurunkan kadar asam pada tanaman ini.
Caranya mudah, cukup taburkan baking soda di tanah tanaman tomat. Namun perlu diperhatikan agar baking soda tidak langsung mengenai tanaman.

6. Menguji tingkat keasaman tanah
Tanah untuk menanam sebaiknya punya kadar asam yang tidak terlalu asam, namun juga tidak terlalu basa. Nah, untuk mengujinya, bisa menggunakan baking soda.

Caranya, ambil 1 sendok makan tanah yang akan diuji kadar asamnya. Lalu, basahi dengan air minum dan taburkan sedikit baking soda ke tanah yang sudah basah.

Jika tanah mengeluarkan buih, berarti kadar asam tanah tersebut di bawah 5.

7. Basmi kutu daun
Manfaat baking soda untuk tanaman yang tak kalah penting adalah membasmi kutu daun. Kutu daun biasanya memakan batang tanaman.

Saat memakan batang, kutu daun akan mengeluarkan zat lengket manis yang bisa memunculkan jamur dan menarik semut.

Untuk itu, kehadiran kutu daun perlu dibasmi agar pertumbuhan tanaman tetap baik. Caranya, semprotkan larutan baking soda, sabun cair, dan air ke tanaman.

8. Usir semut
Semut terkadang ada di tanaman karena tertarik dengan zat lengket manis yang dihasilkan kutu daun. Masalahnya, semut terkadang juga memakan daun tanaman.

Untuk mengusir semut, gunakan campuran air dan baking soda serta pupuk mineral seperti Vicosa untuk disemprotkan ke tanaman.

9. Singkirkan ulat daun
Tak hanya semut, ulat juga suka memakan daun tanaman. Untuk itu, campurkan 1 sendok makan baking soda dan 1 sendok makan tepung dan taburkan ke daun tanaman.

Manfaat baking soda untuk tanaman ini bisa menyingkirkan ulat daun, sehingga tanaman bisa tumbuh lebih baik.

10. Usir siput
Siput merupakan hama tanaman. Kehadiran siput dapat mengganggu pertumbuhan tanaman.

Akan tetapi, hal ini bisa diatasi dengan menaburkan baking soda ke sekitar tanaman agar siput enggan mendekat.

Itulah 10 manfaat baking soda untuk tanaman. Semoga membantu.

Editor: ARON
Sumber: cnnindonesia