Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menawarkan sejumlah peluang investasi kepada pemerintah Singapura.

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menerima kunjungan Menteri Kedua untuk Luar Negeri dan Pendidikan Singapura Mohammad Maliki Osman di Graha Kepri, Batam, Kamis (18/8/2022).

Turut mendampingi gubernur, Asisten Ekbang Provinsi Kepri, Luki Zaiman Prawira, Kepala Inspektorat Daerah Irmendes, Kepala Dinas Kominfo Hasan, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Dody serta Staf Khusus Gubernur Syarafuddin Aluan.

Mohammad Maliki Osman sendiri didampingi Konsul Singapura, Gavin Ang dan Marklow serta Deputi Director Kemenlu Singapura Lim Weiyang.

“Saat ini sudah banyak kerjasama antar Singapura dan Kepri namun masih banyak ruang yang bisa diisi untuk memperluas Investasi yang tentunya akan berdampak positif bagi kedua belah pihak,” kata Mohammad Maliki Osman.

Gubernur Ansar menyambut positif dan menawarkan berbagai peluang kerjasama baru diantaranya di sektor digital, pariwisata, energi, peternakan serta perkebunan.

Batam, kata Ansar, saat ini fokus pada pengembangan industri digital dengan kehadiran Nongsa Digital Park. Masih banyak peluang untuk membesarkan industri ini karena permintaan global akan konten-konten digital semakin meningkat kedepannya.

“Investasi baru yang masuk di sektor ini tentunya akan membuka lapangan kerja baru bagi penduduk lokal,” kata Ansar.

Di sektor energi, Ansar juga mengajak Singapura untuk berinvestasi bersama PLN dan BPH migas. Pasalnya, kebutuhan akan energi di Kepri khususnya di Batam selalu meningkat setiap tahunnya karena keperluan industri.

“Dari 13 prioritas pembangunan pemerintah pusat, energi ini menempati posisi teratas dalam prioritas pembangunan. Kami akan menyambut baik jika Singapura mau berinvestasi di sektor penting ini,” ujar Ansar.

Sementara di sektor pariwisata, Gubernur Ansar menjelaskan berbagai kemudahan yang telah diberikan pasca pandemi Covid-19.

“Kita berharap pariwisata di Kepri semakin bergairah apalagi nantinya akan dibangun sirkuit F1 di Bintan. Lalu pembangunan Jembatan Batam Bintan yang akan memudahkan pelancong untuk menjelajahi kawasan wisata di Bintan dan Batam,” ungkap Ansar.

Sektor lain yang menjadi perhatian Gubernur Ansar adalah pertanian, perkebunan serta peternakan. Kepri bisa menjadi pemasok utama kebutuhan pangan Singapura baik dalam bentuk kebutuhan akan sayur mayur serta kebutuhan akan daging ayam.

Jarak yang sangat dekat dengan Singapura tentunya memberikan keuntungan tersendiri bagi Kepri jika menjadi penyuplai kebutuhan pokok bagi warga negara Singapura.

Kedekatan jarak ini tentunya memperpendek waktu pendistribusian pangan sehingga sayur atau daging ketika sampai ke Singapura tetap dalam keadaan fresh.

“Kami mengundang kementerian terkait Singapura untuk datang dan melihat secara langsung kualitas sayur dan daging di Kepri agar sesuai dengan standar yang diperbolehkan untuk masuk ke pasar Singapura,” tambah Ansar.

Dalam kesempatan ini, Mohammad Maliki Osman mengundang Gubernur Ansar untuk hadir pada acara Resepsi Hari Kebangsaan Singapura ke-57 di Hotel Marriott, Harbour Bay, Batam.

Editor: HER