Wanita mana yang tidak ingin terlihat awet muda meski usia sudah berumur? Ada tips-tips awet muda secara alami dengan cara yang gampang dan murah. Mau coba?

Siapa yang tidak ingin awet muda seperti artis Sophia Latjuba? Wanita dengan usia hampir kepala lima ini tidak tampak kerutan di wajahnya.

Mau kan awet muda secara alami tanpa harus mengeluarkan kocek yang besar? Berikut tips awet muda secara alami dirangkum dari berbagai sumber.

1. Tidur Cukup

Kalau mau awet muda, tidur cukup itu sangat berperan penting. Orang dewasa harus tidur 8 jam sehari.

Tidur cukup dan berkualitas termasuk cara alami mengencangkan kulit wajah agar awet muda. Kulit butuh waktu untuk meregenerasi sel-selnya setiap hari.

2. Minum Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang disebut catechin yang diyakini dapat membuat awet muda dan sehat. Senyawa ini dipercaya bisa mengatasi tekanan darah tinggi, juga meningkatkan sistem imun tubuh.

Minum teh hijau minimal satu cangkir sehari, bisa mengurangi risiko menderita tekanan darah tinggi hingga 46 persen. Jika meminumnya dua hingga tiga gelas lagi, akan mengurangi hingga 65 persen. Menurut penelitian dari Journal of Food Science, teh hijau organik memiliki kadar antioksidan paling tinggi, sekitar 100 catechin per gram.

3. Senyum dan Tertawa

Salah satu tips awet muda secara alami lainnya yakni senyum dan tertawa. Dengan perasaan yang bahagia, imunitas tubuh juga akan meningkat. Tentunya hal ini ditunjang dengan keadaan agar kamu tidak cemberut terus dan muncul keriput.

4. Pakai Masker Alami

Untuk mencegah keriput, kamu bisa mencoba masker alami. Menggunakan bahan-bahan alami merupakan cara perawatan wajah agar awet muda yang paling aman.

Masker alami itu yakni siapkan 1 sdm air perasan jeruk lemon yang dicampur dengan putih telur secukupnya. Pakaikan masker ini wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hingga bersih.

5. Olahraga Rutin

Olahraga merupakan salah satu tips awet muda. Dengan olahraga rutin, aliran darah akan mengalir lebih lancar. Hal ini akan membuat elastisitas kulit terjaga dengan baik. Kamu bisa mencoba olahraga jogging atau yang lainnya.

6. Konsumsi Makanan Sehat

Agar wajah tetap awet muda, konsumsi makanan sehat. Kamu bisa makan ikan, daging sapi tanpa lemak, gandum, kacang-kacangan seperti kacang rebus, kenari, dan kedelai.

Untuk sayuran, kamu bisa makan kubis dan brokoli. Sementara untuk buah-buahan, kamu bisa makan alpukat, melon, anggur, jeruk, tomat, dan delima.

Selain menu makan yang sehat, pola konsumsi atau makanan pun juga harus diperhatikan. Tips awet muda wanita Jepang yakni makan dengan lambat dan porsi kecil.

7. Minum Air Putih

Minum air putih yang banyak merupakan salah satu tips awet muda.Wanita Korea juga menerapkan gaya hidup ini agar awet muda. Minum air putih 8 kali sehari. Yang paling baik adalah minum setiap kali kamu merasa haus, sehingga kebutuhan air kamu akan terpenuhi.

Editor: Aron
Sumber: detikwolipop