Es batu punya beragam manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Selain untuk mendinginkan minuman, es batu juga digunakan untuk meredakan bengkak dan peradangan pada kulit.

Padahal kegunaan es batu tidak sebatas itu. Masih ada banyak manfaat es batu untuk kebutuhan rumah tangga lainnya yang perlu Anda tahu.

Dirangkum berbagai sumber, berikut beberapa manfaat lain dari es batu yang bisa Anda coba untuk keperluan rumah tangga.

1. Mendinginkan ruangan
Selain kipas angin dan AC (air conditioner), es batu juga dapat dimanfaatkan sebagai pendingin suhu ruangan. Apabila Anda memiliki perangkat air cooler, es batu bisa dijadikan pengganti ice pack yang belum sempat dibekukan.

Nantinya es batu tinggal dimasukkan ke tangki air air cooler, lalu nyalakan seperti biasanya sampai suhu ruangan menurun dan jadi lebih sejuk.

Efek es batu dalam air cooler memang tidak sedingin AC, tapi setidaknya cukup efektif menyejukkan ruangan.

Pastikan air cooler ditempatkan di ruangan yang memiliki sirkulasi udara baik dan terbuka karena sistemnya akan bekerja lebih maksimal di ruangan dengan udara kering.

2. Membuat nasi jadi pulen
Nasi sisa dalam jumlah banyak biasanya dimasukkan ke dalam kulkas supaya tak cepat basi dan bisa diolah kembali, misalnya menjadi nasi goreng.

Namun, apabila Anda ingin mengonsumsi nasi sisa semalam seperti biasa, alternatifnya bisa dengan menghangatkan nasi lewat microwave yang telah diberi es batu.

Pasalnya, nasi dingin yang dihangatkan begitu saja di microwave tanpa es batu hasilnya justru menjadi kering dan keras. Berbeda jika menggunakan es batu, maka nasi sisa akan jadi lebih pulen.

Caranya simpan nasi di piring yang microwave safe, tambahkan 2 cube es batu dan panaskan sekitar 1 menit. Hasilnya nasi dingin akan seperti nasi yang baru matang.

3. Mengangkat lemak makanan
Manfaat es batu untuk kebutuhan rumah tangga lainnya yaitu bisa membantu mengangkat lemak pada makanan.

Biasanya teknik ini sering digunakan untuk mengangkat lemak pada makanan berkuah yang memiliki kandungan lemak dari minyak, santan, atau sisa dari olahan daging.

Cara mencobanya cukup mudah. Misalnya Anda ingin menghilangkan sisa lemak pada air rebusan daging.

Cukup taruh beberapa buah es batu ke centong sayur, kemudian tempel bagian bawah centong dingin ke permukaan air hasil rebusan daging yang sudah dingin.

Nantinya lemak-lemak akan menempel ke centong dingin dan berubah menjadi padat. Dengan begitu, lemak jadi lebih mudah dibuang.

4. Mengembalikan lekukan di karpet
Anda mungkin pernah meletakkan beberapa furnitur rumah di atas karpet yang dijadikan alasnya. Seperti lemari, meja, kasur, kursi tamu, sofa, atau rak.

Apabila diletakkan dalam waktu lama, benda-benda berat tersebut kerap meninggalkan bekas yang melekuk pada karpet. Selain itu, tampilan karpet juga jadi kurang indah karena muncul bekas cekungan.

Untuk mengembalikan tekstur karpet ke bentuk semula, Anda bisa memanfaatkan es batu. Simpan beberapa butir es batu ke dalam bagian yang melekuk.

Kemudian diamkan sampai es tersebut meleleh dengan sendirinya. Lalu ambil spons untuk menyerap lelehan es, gosok lembut sampai area tersebut kering dan bagian melekuk kembali ke bentuk semula.

5. Mengairi tanaman gantung
Tanaman gantung di rumah Anda biasanya membutuhkan lebih banyak air daripada tanaman yang ditanam langsung ke media tanah.

Proses pengairan tanaman gantung tidak cukup jika hanya mengandalkan air yang disemprotkan. Selain itu, alat penyiram yang digunakan harus berukuran lebih panjang supaya menjangkau ke bagian tanaman secara rata.

Cara menyiram tanaman gantung dengan selang panjang tentu akan lebih merepotkan. Untuk itu, alternatifnya bisa mencoba memakai es batu.

Cukup letakkan 3-5 buah es batu sesuai ukuran tanaman di bagian permukaan. Es tersebut nantinya akan meleleh sendiri dan menyerap hingga ke bagian dalam tanaman.

6. Membersihkan saluran pembuangan
Wastafel memiliki saluran pembuangan yang dihasilkan dari sisa-sisa kotoran air bekas mencuci piring. Saluran pembuangan wastafel ini perlu rajin dibersihkan supaya tidak gampang kotor dan tersumbat.

Cara sederhana yang bisa Anda coba untuk membersihkan saluran pembuangan adalah menggunakan es batu. Hal pertama untuk dilakukan yaitu memasukkan bongkahan es batu ke dalam lubang pembuangan wastafel.

Setelahnya siram dengan air panas supaya es tersebut mencair dan mengalir untuk membersihkan saluran pembuangan.

7. Mengangkat kotoran lengket
Kotoran-kotoran lengket akibat sisa permen karet atau lem perekat memang seringkali susah dibersihkan sehingga lama-kelamaan jadi berkerak.

Terutama jika noda yang lengket itu berbekas di pakaian, tentunya bisa merusak bahan dari kain.

Manfaat es batu untuk kebutuhan rumah tangga berikut dapat Anda coba supaya bisa menghilangkan sisa kotoran yang lengket di permukaan kain.

Pertama siapkan es batu dan gosok perlahan ke bagian yang lengket sampai nodanya menempel ke es. Apabila belum terangkat sempurna, setelah digosok dengan es cobalah keruk noda memakai sendok sampai benar-benar bersih.

Editor: ARON
Sumber: cnnindonesia