Relawan Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) Immanuel Ebenezer mengomentari unggahan dari Ganjar Pranowo yang menyebut tak berjarak dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, postingan itu menandakan batin Jokowi memberi sinyal mendukung Ganjar menjadi calon presiden (capres).

“Di antara semua calon, elektabilitas di atas 30 persen kan Mas Ganjar. Atas dasar itu, walaupun presiden secara politik harus netral. Tapi kebatinan pasti (memilih) Mas Ganjar,” kata Noel, panggilan akrab Immanuel, saat dihubungi, Kamis (11/8/2022).

Menurutnya, Presiden Jokowi dengan Ganjar sudah memiliki kesatuan. “Dia sudah chemistry dengan Pak Presiden,” katanya.

Bagi Noel, Jokowi tidak akan memberikan pernyataan secara langsung mendukung salah satu capres. Sebab, lanjutnya, presiden harus netral dalam pemilihan.

“Penyataan itu (dukungan) tidak mungkin dilakukan saat menjabat, tapi secara gestur arahannya ke Mas Ganjar. Dalam etika politik, kan presiden tidak pantas (memberikan dukungan). Dari gestur ke siapa, dominan ke siapa? Ke Mas Ganjar,” katanya.

Menurut Noel, Jokowi memang dekat dengan kandidat calon presiden yang lain, seperti dengan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Namun, secara kebatinan, Noel yakin Jokowi mendukung Ganjar.

“Walau yang lain juga Presiden support, (kepada) Pak Prabowo, (dan) siapa (lagi). Dia harus tinggalkan legasi politik, selain warisan pekerjaan legasi juga ada. Tidak ada kegaduhan dan lainnya. Dia netral secara politik, tapi kebatinan ada sesuatu dong. Berkaitan dengan 2024, 2024 Ganjar Presiden,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memuji penampilan Presiden Jokowi. Menurut Ganjar, penampilan Jokowi sederhana, namun soal pekerjaan tak kenal lelah.

Pujian itu diunggah Ganjar di akun Twitter resmi miliknya, seperti dilihat pada Kamis (11/8). Dengan kemeja putih dan celana hitam, menurut Ganjar, Jokowi terlihat santai.

“Salah satu yang membuat saya dan mungkin yang lainnya tidak merasa kikuk atau berjarak dengan Presiden @jokowi adalah penampilan beliau yang sederhana. Penampilan seperti kita-kita ini. Kemeja putih, celana hitam. Ibu Iriana juga demikian. Benar-benar santai,” tulis Ganjar. Cuitan Ganjar sudah disesuaikan dengan kaidah Bahasa Indonesia.

Meski Jokowi dan Iriana berpenampilan santai, Ganjar menilai Jokowi tak nampak lelah. Ganjar mendoakan Jokowi dan Iriana selalu sehat.

“Tapi kalau soal kerja, wah. Jangan ditanya. Pengennya gas terus,” ujarnya.

Dalam cuitannya tersebut, Ganjar juga menyertakan foto sedang berjalan bersama Jokowi. Ganjar mengenakan pakaian dinas gubernur, sedangkan Jokowi mengenakan kemeja putih dan celana hitam.

“Dan hari ini saya mendampingi beliau untuk melakukan penanaman di Kabupaten Boyolali dan Sukoharjo,” imbuhnya.

Editor: ARON
Sumber: detiknews