Ginjal yang bersih dari racun bisa membuat kesehatan lebih terjaga. Sebab, organ di perut bagian bawah ini memang punya banyak fungsi yang vital bagi tubuh. Seperti alat penyaring, ginjal bisa menghalau racun, hingga mengontrol mineral yang masuk ke tubuh.

Namun, seringkali kebiasaan yang kurang sehat seperti makan sembarangan, atau kurang asupan cairan bisa memengaruhi kesehatan ginjal. Akibatnya, ginjal rentan terkena infeksi dan birisiko kegagalan.

Untuk mencegahnya, perbanyak asupan cairan. Tak hanya air putih, ternyata ada lho, minuman yang bisa menyehatkan ginjal.

Selain menyehatkan, rasanya dijamin membuat tubuh lebih segar. Ini dia lima minuman segar dan sehat yang dapat meningkatkan fungsi ginjal:

  1. Jus nanas

Di balik rasa asamnya, nanas mengandung enzim bromelain yang berfungsi menjaga kesehatan saluran cerna, termasuk ginjal.

Berdasarkan penelitian dari Mangalayatan University di India, enzim tersebut mampu menurunkan risiko iritasi ginjal sekaligus meningkatkan sirkulasi darah. Tak hanya itu saja, kandungan antioksidan yang tinggi juga akan meningkatkan kekebalan tubuh, serta menyingkirkan racun berbahaya.

  1. Air Kelapa

Lebih dari 94 persen kandungan air kelapa adalah air. Dengan kandungan elektrolit yang tinggi, air kelapa dapat membantu menghancurkan mineral seperti kalsium dan oksalat yang menempel di ginjal, serta saluran kencing.

Ditambah adanya antioksidan, radikal bebas dan racun pun akan sukar menyerang ginjal.

  1. Jus anggur

Segar dan bikin badan bertenaga, anggur juga bisa membuat ginjal lebih sehat karena kandungan resveratrol di dalamnya. Berdasarkan penelitian dari Nephrology Dialysis Transplantation tahun 2016, kandungan tersebut punya fungsi yang hampir sama dengan antioksidan. Konsumsi makanan tinggi resveratrol bisa menurunkan infeksi di ginjal.

  1. Jus apel

Berdasarkan jurnal dari The National Kidney Foundation, apel bisa jadi sahabat untuk ginjal karena kandungan pektin di dalamnya. Bagi yang belum familier, pektin adalah serat yang bisa menurunkan kolesterol, dan glukosa dalam darah. Apel juga tinggi kandungan vitamin C, yang bersifat antioksidan sehingga bisa membentengi ginjal dari kerusakan.

  1. Jus seledri

Rasa jus ini memang agak aneh, getir, dan beraroma pekat. Tapi, jus seledri bisa membantu proses detoks dengan mengeluarkan racun yang mengendap di ginjal.

Dari data SELF, kandungan air dalam seledri juga mencapai 95 persen. Diolah menjadi jus, seledri bisa membantu meluruhkan mineral yang mengendap dan berpotensi menjadi kristal dalam ginjal.

Editor: ARON
Sumber: kumparan