Tottenham Hotspur menumbangkan Southampton di pekan pertama Liga Inggris 2022/2023. Tertinggal dulu, The Lilywhites bangkit untuk menang meyakinkan 4-1.

Tottenham menjamu Southampton di Tottenham Hotspur Stadium, Sabtu (6/8/2022) malam WIB. Tottenham tertinggal lebih dulu lewat gol James Ward-Prowse pada menit ke-12.

Tottenham bisa berbalik memimpin untuk menutup babak pertama dengan keunggulan 2-1. Dua gol mereka ciptakan melalui Ryan Sessegnon (menit ke-21), dan Eric Dier (31′).

Tim asal London Utara ini menambah dua gol lagi di babak kedua. Gol tersebut lahir hanya dalam selang dua menit dari bunuh diri Mohamed Salisu (61′) dan Dejan Kulusevski (63′).

Tottenham mengakhiri laga dengan kemenangan 4-1. Hasil ini bikin Harry Kane dkk berada di puncak klasemen Liga Inggris.

Jalannya Pertandingan

Tottenham mengambil inisiatif menyerang di awal laga. Namun, Southampton justru mampu mengejutkan tuan rumah pada menit ke-12. Moussa Djenepo menusuk dari sisi kiri, ia lalu melepas umpan silang ke depan gawang.

Gol!!! Bola disambut dengan sepakan voli oleh James Ward-Prowse. Hugo Lloris tak kuasa mengadang tembakan Ward-Prowse. Southampton unggul 1-0.

Tertinggal, Tottenham terus mengurung lini pertahanan The Saint. Usaha mereka membuahkan hasil pada menit ke-21.

Gol!!! Dejan Kulusevski melepas umpan silang dari sisi kanan menuju tiang jauh. Ryan Sessegnon yang muncul dari belakang bisa menanduk bola menuju gawang Gavin Bazunu. Skor imbang 1-1.

Tottenham punya peluang pada menit ke-30. Menerima umpan panjang, Son Heung-min menusuk ke sisi kiri kotak penalti. Namun, sepakannya bisa dibendung dari Bazunu.

Semenit berselang, Tottenham bisa berbalik mimimpin. Son melepas umpan silang dari sisi kiri.

Eric Dier yang berdiri di tiang dekat bisa menyundul bola untuk menggetarkan jala Southampton. Tottenham memimpin 2-1 pada menit ke-31.

Tottenham tak mengendurkan serangan meski sudah unggul. Ben Davies melepas percobaan jarak jauh pada menit ke-37. Kali ini, Bazunu sigap menepis bola.

Pada menit akhir babak pertama, Bazunu kembali beraksi. Ia dengan gemilang bisa membendung tendangan jarak dekat Harry Kane.

Skor 2-1 untuk Tottenham bertahan hingga turun minum.

Dua menit selepas jeda, Sessegnon sempat kembali menggetarkan gawang usai berakselerasi di sisi kiri. Namun, gol ini dianulir karena pemain asal Inggris ini lebih dulu offside.

Tottenham akhirnya bisa mencetak gol ketiga pada menit ke-61. Emerson Royal terbebas dari jebakan offside di sisi kiri kotak penalti.

Gol!!! Umpan tarik Emerson salah diantisipasi oleh Mohamed Salisu. Sapuan bolanya justru masuk ke gawang sendiri.

Pasuka Antonio Conte tak butuh waktu lama untuk kembali mencetak gol. Emerson kembali berperan dalam gol Tottenham.

Gol!!! Umpan tarik Emerson dari sisi kanan menuju ke Dejan Kulusevski. Kulusevski melepas tembakan terukur ke pojok kanan gawang Southampton. Skor berubah 4-1 untuk Tottenham pada menit ke-63.

Southampton tak sepenuhnya menyerah. Mereka berusaha mengancam dari tusukan Joe Aribo. Usahanya belum membuahkan hasil karena masih bisa dibendung Lloris

Son kembali punya peluang untuk mencetak gol pada menit ke-84. Ia kembali membuang kesempatan kala tembakannya lemah mengarah ke Bazunu.

Skor 4-1 untuk Tottenham mengakhiri 90 menit.

Editor: HER

Sumber: detikbola