Program vaksinasi booster kedua atau vaksin keempat akan segera dimulai, dan dijadwalkan dimulai pada, Jumat (29/7/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Kepri, Mohammad Bisri menuturkan pelaksanaan booster kedua ini didasari Surat Edaran (SE) Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI nomor HK 02.02/C/3615/2022 tentang Vaksinasi Booster Kedua bagi Sumber Daya Manusia Kesehatan.

“Mulai hari ini proses vaksinasi keempat akan dimulai. Dan penerima pertama adalah Nakes di seluruh Kepulauan Riau,” ungkapnya, Jumat (29/7/2022).

Disinggung tentang jenis vaksin yang diberikan, Bisri menyebutkan akan menyesuaikan dengan stok yang ada.

“Jenis vaksinnya menyesuaikan stok yang ada. Kalau habis akan dikirim lagi,” lanjutnya.

Mengenai data Nakes yang akan menerima vaksinasi booster, Bisri menyebutkan diperkirakan sekitar 15 ribu Nakes se-Kepri.

Dari ribuan Nakes itu, pihaknya akan mengutamakan Nakes yang tugas di bidang pelayanan terlebih dahulu.

“Ada sekitar 15 ribuan nakes. Kita utamakan yang dipelayanan, yang di rumah sakit, dan puskesmas,” ungkapnya.

Dalam SE tersebut, pemberian vaksinasi COVID-19, dosis booster kedua tersebut diberikan dengan interval enam bulan sejak vaksinasi dosis booster pertama.

Dan vaksinasi Covid-19 dosis booster kedua bagi SDM kesehatan dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan dan atau di pos pelayanan vaksinasi COVID-19.

Terpisah, Kepala Dinkes Batam, Didi Kusmarjadi menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan vaksinasi Nakes di Batam.

Menurutnya, hal itu membantu mencegah penyebaran virus COVID-19 di Batam.

“Kalau ditanya kesiapan jelaslah kita siap,” katanya.

Terkait realisasi vaksinasi Covid-19 Kota Batam hingga 27 Juli 2022, sebanyak 456.296 orang atay 57,67 persen telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster.

Editor: WIL