Ilustrasi. Apabila sering mengalami kesulitan tidur di malam hari, coba tiga cara tidur cepat 30 detik berikut ini. (iStockphoto/RyanKing999)

Bisa tidur dengan cepat membantu tubuh untuk beristirahat lebih maksimal. Namun nyatanya, tak semua orang bisa tidur cepat dan nyenyak ketika di malam hari.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mencoba tiga cara tidur cepat 30 detik berikut ini.

Merujuk laman Sleep Foundation, orang dewasa normalnya hanya membutuhkan 10 hingga 20 menit untuk dapat tertidur. Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk tertidur ini dinamakan latensi tidur.

Latensi tidur digunakan sebagai tolok ukur untuk dapat mengukur kantuk dan kualitas tidur seseorang.

Apabila mengalami kesulitan tidur lebih dari waktu tersebut, bahkan perlu menghabiskan beberapa jam, cara berikut mungkin membantu Anda supaya lebih cepat terlelap dan bebas dari insomnia.

Cara tidur cepat ini menggunakan penerapan metode berdasarkan ilmu sains, sehingga dapat dilatih terlebih dulu menyesuaikan kondisi tubuh sampai nantinya terbiasa.

Dilansir dari Healthline, berikut beberapa metode yang bisa Anda coba lakukan supaya terbiasa untuk tidur cepat dalam hitungan detik.

1. Tidur Cepat Mode Militer
Tidur cepat mode militer atau metode tentara ini pertama kali dilaporkan oleh Sharon Ackerman, mengutip triknya dari buku berjudul Relax and Win: Championship Performance.

Metode berikut diklaim efektif memengaruhi tubuh sehingga mampu tidur cepat, hanya dalam waktu kurang dari 1-2 menit. Berikut caranya:

Upayakan tubuh Anda benar-benar rileks dan otot-ototnya tidak tegang.
Kondisikan kamar tidur tetap bersih serta memakai pakaian nyaman.
Turunkan bahu untuk melepaskan ketegangan dan biarkan tangan rileks berada di samping tubuh Anda.
Cobalah tarik napas dalam-dalam dan embuskan perlahan sambil kosongkan pikiran, serta pusatkan otak Anda dengan memberi afirmasi bahwa sekarang waktunya istirahat tidur.

Buang jauh-jauh pikiran yang membuat cemas, gelisah, tegang, atau sebelum memasuki waktu tidur bisa melakukan kegiatan menyenangkan terlebih dulu.
Kemudian berbaring di atas kasur dengan rileks, sambil memejamkan mata.
Apabila cara ini belum langsung berhasil membuat tidur cepat kurang dari 30 detik, tidak masalah. Anda dapat melatih kembali sampai benar-benar terbiasa dengan sendirinya.

2. Akupresur untuk Tidur
Cara tidur cepat 30 detik selanjutnya yang boleh dicoba adalah metode akupresur.
Akupresur merupakan metode alami yang dipercaya ampuh mengatasi insomnia atau gangguan tidur lainnya sehingga Anda akan lebih mudah tidur nyenyak.

Metode akupresur memusatkan empat titik saraf yang bisa dikendalikan secara mandiri untuk memicu rasa kantuk. Berikut langkahnya.

Pertama titik spirit gate, letaknya ada di lekukan bagian tengah pergelangan tangan sejajar dengan kelingking. Coba tekan lembut sambil gerakan memutar selama beberapa detik.

Posisikan tubuh Anda berbaring rileks seperti hendak tidur. Lakukan gerakan menekan lembut ini secara perlahan sampai muncul rasa kantuk.
Kedua titik persimpangan tiga yin, letaknya di atas sedikit pergelangan kaki bagian dalam. Sambil duduk santai tempelkan empat jari Anda di titik tersebut dengan gerakan naik turun.

Gerakan ini bisa bergantian dengan kaki sebelahnya untuk merangsang rasa kantuk sekaligus meredakan nyeri haid, serta sakit panggul.
Ketiga titik wind pool, letaknya di sisi kanan dan kiri belakang leher. Jika sudah menemukan titiknya tinggal tempel ibu jari di kedua titik sambil ditekan lembut dan gerakan naik turun.

Pijat lembut selama 4-5 detik, kemudian tarik napas perlahan dan embuskan supaya tubuh rileks dan rasa kantuk bisa datang lebih cepat.
Keempat titik bubbling spring, letaknya di telapak kaki bagian atas bahkan cukup mudah terlihat. Sekarang posisikan tubuh Anda untuk berbaring di atas kasur.

Lalu angkat kaki kiri dan tekuk ke dalam supaya bisa diraih tangan kanan untuk memijat titik bubbling spring selama beberapa detik. Ganti kaki sebelahnya dan lakukan hal serupa.

3. Metode 4-7-8
Metode 4-7-8 termasuk latihan kombinasi dari gerakan meditasi, visualisasi, dan olah pernapasan supaya efektif meningkatkan kualitas tidur.

Hal pertama yang dilakukan yaitu menempelkan sedikit ujung lidah di antara gigi dan mulut, supaya saat menghembuskan napas bisa menciptakan suara mendesing.
Kemudian dilanjut menutup mulut dengan rileks dan tarik napas melalui hidung dengan tenang, dan tahan 4 detik lalu embuskan dengan suara mendesing.

Lalu kembali menutup mulut dengan rileks dan tarik napas melalui hidung dengan tenang, dan tahan 7 detik lalu embuskan dengan suara mendesing.

Masuk ke tahap akhir, kembali menutup mulut dengan rileks dan tarik napas melalui hidung dengan tenang, lalu tahan 8 detik dan embuskan dengan suara mendesing.
Anda dapat menerapkan metode ini berulang kali sampai rasa kantuk muncul dan tubuh lebih rileks untuk siap tidur.

Itulah ketiga cara tidur cepat 30 detik sekaligus metodenya yang bisa Anda coba lakukan supaya mudah terlelap.

Editor: ARON
Sumber: cnnindonessia