Ilustrasi. Agar tetap berenergi, Anda bisa mengonsumsi beberapa camilan siang hari yang membantu melawan loyo usai jam makan siang. (Istockphoto/solidcolours)

Tubuh rawan loyo usai jam makan siang. Tak heran banyak orang segera meraih segelas kopi susu biar tetap melek.

Padahal, agar tetap berenergi, Anda hanya memerlukan camilan yang tepat. Ada beberapa camilan siang hari yang bisa membuat Anda lebih berenergi untuk kembali beraktivitas.

“Terlalu banyak kafein sebenarnya dapat menguras energi dibandingkan meningkatkan. Pada titik tertentu, asupan kafein berlebih bisa menjadi pemicu stres bagi tubuh, mengakibatkan peningkatan hormon stres kortisol dan ini bisa memicu kelelahan alih-alih meningkatkan energi,” jelas ahli diet Erin Palinski-Wade, dikutip dari Muscle and Fitness.

Camilan Siang Hari yang Tingkatkan Energi
Daripada ngopi, lebih baik ngemil. Berikut rekomendasi camilan yang ampuh tingkatkan energi.

1. Dark chocolate
Anda boleh menjadikan cokelat sebagai camilan. Tapi sebaiknya pilih dark chocolate alias cokelat hitam. Cokelat jenis ini biasanya memiliki paduan rasa manis dan pahit.

“Dark chocolate kaya akan theobromine, simultan natural mirip kafein, yang mana bisa mendorong energi. Sebagai tambahan, dark chocolate bisa menstimulasi serotonin, senyawa kimia pengirim pesan untuk meningkatkan mood, yang bisa menyediakan tambahan suplai energi,” kata Palinski-Wade.

2. Apel plus selai kacang
Apel mengandung serat dan nutrisi penting buat tubuh. Padukan apel dengan selai kacang yang kaya protein.

Perpaduan keduanya akan memberikan dorongan energi sehingga tubuh tidak loyo usai makan siang.

Selain apel, Anda bisa menggantinya dengan pisang. Buah satu ini mampu meningkatkan energi sekaligus memberikan rasa kenyang.

3. Telur rebus
Siapa bilang telur rebus cuma cocok jadi menu sarapan? Anda bisa menjadikan telur rebus sebagai camilan siang hari.

Seperti dikutip dari Greatist, telur kaya akan nutrisi yang mampu mendongkrak energi seperti thiamin, riboflavin, asam folat, vitamin B12, dan B6.

4. Almond
Segenggam almond mampu jadi camilan yang menyehatkan dan mengisi kebutuhan nutrisi demi tubuh tidak lemas. Almond mengandung protein, serat, dan magnesium. Magnesium merupakan mineral penting untuk memproduksi energi.

5. Roti selai kacang
Bekal roti isi biasanya dinilai praktis dibuat dan dibawa. Kali ini Anda cukup menyediakan roti dari biji-bijian untuk memberikan asupan karbohidrat kompleks. Tambahkan selai kacang untuk memberikan rasa dan nutrisi tambahan.

“Satu lembar roti mengandung 15 gram karbohidrat, yang mana merupakan sumber bahan bakar tubuh. Dan dengan biji-bijian utuh, Anda juga mendapatkan manfaat serta yang dicerna perlahan dan menjaga energi tetap tinggi lebih lama,” jelas Keri Gans, ahli diet yang berbasis di New York City.

6. Yogurt
Yogurt begitu pas disantap sebagai makanan penutup. Selain memberikan kesegaran, yogurt mampu memberikan asupan protein dan aneka mineral untuk menjaga pasokan energi.

Tambahkan topping berupa buah-buahan atau sereal sebagai pelengkap serat dan nutrisi.

7. Ubi rebus
Camilan satu ini biasanya ditemukan di gerobak penjual kacang dan jagung rebus. Ubi rebus mengandung karbohidrat kompleks yang mampu memberikan pasokan energi secara bertahap buat tubuh. Tubuh pun tidak gampang loyo, berbeda dengan efek karbohidrat sederhana yang hanya sementara.

8. Air putih
Ini lebih terdengar seperti memberikan pasokan hidrasi, bukan energi. Namun, air putih merupakan cara termudah untuk meningkatkan energi.

“Kebanyakan dari kita dehidrasi di pagi hari karena biasanya sekitar 7-8 jam tubuh tanpa air selama tidur, jadi minum air putih bisa memberikan stimulasi lebih baik daripada secangkir kopi,” kata Palinski-Wade.

Demikian daftar camilan siang hari yang bisa tingkatkan energi untuk membantu Anda beraktivitas.

Editor: ARON
Sumber: cnnindonesia