Makanan bukan cuma sekadar kebutuhan untuk kenyang tapi ada juga makanan pemicu sakit kronis. (Getty Images/iStockphoto/Doucefleur)

Makanan bukan cuma sekadar kebutuhan untuk kenyang tapi ada juga makanan pemicu sakit kronis.

Peradangan kronis, di sisi lain, seringkali merupakan hal yang buruk. Sakit kronis Itu bisa bertahan berbulan-bulan atau bertahun-tahun, dan alih-alih melindungi pada akhirnya dapat mulai merusak sel, jaringan, dan organ tubuh yang sehat.

Peradangan kronis adalah penyebab, atau penyumbang signifikan, sebagian besar penyakit kronis utama. Ini termasuk, antara lain, penyakit kardiovaskular, diabetes, rheumatoid arthritis, asma alergi, penyakit paru obstruktif kronik, penyakit ginjal kronis, penyakit radang usus, dan bahkan kanker dan penyakit Alzheimer.

Penyebab peradangan kronis termasuk infeksi persisten, iritasi lingkungan seperti polusi atau bahan kimia industri, gangguan autoimun atau auto-inflamasi, dan penginduksi inflamasi atau biokimia.

Berikut beberapa makanan pemicu sakit kronis dikutip dari berbagai sumber:

1. Gula tambahan
Makanan manis ini mungkin membuat hidup tampak manis, tetapi bisa sangat buruk bagi tubuh Anda-dan tidak hanya dalam hal gigi berlubang dan kelebihan berat badan. Diet tinggi gula dikaitkan dengan peningkatan pelepasan radikal bebas dan sitokin proinflamasi, yang dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan pembuluh darah.

Gula memang dibutuhkan dalam tubuh. Namun terkadang orang sering kebanyakan menambahkan gula ke dalam makanan atau minuman mereka.

Gula tambahan tampaknya ada dalam segala hal akhir-akhir ini-sereal batangan, protein shake, minuman kopi, minuman olahraga, bahkan saus pasta.

Pertimbangkan untuk makan lebih banyak makanan yang secara alami manis, seperti buah-buahan daripada makanan dengan tambahan gula rafinasi, seperti permen, untuk memuaskan keinginan Anda akan makanan manis.

2. Daging merah dan olahan
Daging merah dan olahan menjadi salah satu makanan pemicu sakit kronis. Makan daging merah dan olahan dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, diabetes, kanker perut, dan, terutama, kanker kolorektal.

daging olahan mengandung sejumlah besar produk akhir glikasi tingkat lanjut. Senyawa beracun ini dapat terbentuk dengan memanggang atau memanggang daging pada suhu tinggi, dan diketahui menyebabkan peradangan.

Alternatif yang lebih sehat untuk daging merah dan olahan termasuk ayam, ikan, sayuran, atau kacang-kacangan.

3. Karbohidrat olahan
Makanan seperti roti putih, nasi putih, pasta, dan bagel semuanya berasal dari karbohidrat yang telah dimurnikan (yaitu, dedak dan kuman yang kaya nutrisi dan serat dihilangkan).

Karbohidrat olahan juga meningkatkan peradangan melalui proses lain. Makanan yang terbuat dari karbohidrat olahan (kami melihat Anda, donat!) Memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi daripada yang lain.

Makan lebih banyak makanan dengan tingkat indeks glikemik yang lebih tinggi dapat menyebabkan peningkatan stres oksidatif, yang mengaktifkan reaksi inflamasi. Makan lebih banyak makanan indeks glikemik tinggi juga telah dikaitkan dengan peningkatan kematian akibat penyakit inflamasi.

Tapi tidak semua karbohidrat itu buruk. Makan makanan yang mengandung serat tinggi, karbohidrat gandum dapat menurunkan peradangan sistemik dan mengurangi berat badan dibandingkan dengan diet karbohidrat olahan.

3. Gorengan
Beberapa makanan yang digoreng mengandung lemak trans buatan yang tinggi, juga dikenal sebagai minyak terhidrogenasi parsial.

Selain beberapa makanan yang digoreng, lemak trans dapat ditemukan pada margarin dan mentega nabati tertentu, serta kue dan kue kering kemasan.

“Minyak nabati terhidrogenasi sebagian” yang tercantum dalam bahan pada label berarti suatu produk mengandung lemak trans. Selain menyebabkan penyakit jantung koroner, lemak trans buatan terkait dengan produksi penanda inflamasi tingkat tinggi, termasuk protein C-reaktif, IL-6, dan tumor necrosis factor-alpha.

Ganti minyak terhidrogenasi sebagian dengan minyak tak jenuh ganda atau tak jenuh tunggal, seperti minyak bunga matahari atau minyak canola.

4. Alkohol
Sedikit minuman sesekali tidak akan membahayakan Anda (dan bahkan mungkin bermanfaat bagi Anda). Tapi terlalu banyak minuman keras bisa menjadi masalah nyata, dalam lebih dari satu cara.

“Peradangan usus yang diinduksi alkohol ini mungkin menjadi akar dari disfungsi organ ganda dan gangguan kronis yang terkait dengan konsumsi alkohol, termasuk penyakit hati kronis, penyakit neurologis, kanker [gastrointestinal], dan sindrom radang usus,” tulis para peneliti dalam sebuah ulasan yang diterbitkan di Alcohol Research: Current Reviews.

Editor: ARON
Sumber: cnnindonesia