Setelah makan aneka makanan seperti daging merah, kolesterol Anda bisa meningkat. Ada tanda yang bisa dirasakan orang dengan kolesterol tinggi. (iStockphoto)

Setelah makan aneka makanan seperti daging merah, kolesterol Anda bisa meningkat. Ada tanda yang bisa dirasakan orang dengan kolesterol tinggi.
Mengutip WebMD, meski tingginya kadar kolesterol dalam darah tak memicu gejala tertentu, namun ada beberapa hal yang bisa dirasakan orang dengan kolesterol tinggi.

Kadar kolesterol yang tinggi sudah jelas bisa berdampak buruk terhadap kesehatan. Lantas, apa saja yang dirasakan orang saat kolesterol tinggi?

Perlu diketahui, kolesterol tinggi bisa memicu berbagai bahaya kesehatan misalnya penyakit jantung, stroke, dan lainnya.

Berikut beberapa tanda kolesterol tinggi yang bisa dirasakan seseorang.

1. Nyeri dada
Seseorang yang mengalami kolesterol tinggi, bisa mengalami angina. Kondisi ini adalah rasa nyeri di dada yang disebabkan oleh jantung.

2. Lesi kuning di kulit
Saat Anda tiba-tiba menemukan beberapa bagian kulit menjadi kuning, bisa saja kadar kolesterol dalam darah meningkat.

3. Sesak napas
Jika Anda merasa mudah lelah, maka bisa jadi kadar kolesterol dalam darah tinggi.

Misalnya saja, saat Anda sudah merasa kelelahan luar biasa saat baru menaiki beberapa anak tangga atau berlari kecil dalam jarak pendek.

4. Impoten
Impotensi bisa terjadi sebagai salah satu gejala kolesterol tinggi.

Hal ini terjadi akibat menumpuknya kadar kolesterol dalam darah yang mengalir di arteri. Kondisi tersebut membuat peredaran darah ke area penis tidak lancar dan memicu disfungsi ereksi.

5. Berat badan naik
Periksa kolesterol Anda jika ternyata berat badan Anda bisa naik tiba-tiba.

6. Kaki sakit
Sakit kaki bisa jadi tanda peningkatan kolesterol.

7. Keringat terlalu banyak
Jika Anda berkeringat lebih dari biasanya, bisa jadi pertanda kolesterol dalam tubuh meningkat.

8. Meningkatnya detak jantung
Kolesterol yang meningkat dalam darah menyebabkan penurunan suplai darah ke jantung. Hal itu akan meningkatkan detak jantung.

Demikianlah beberapa gejala yang bisa dirasakan orang dengan kolesterol tinggi.

Editor: ARON
Sumber: cnnindonesia