Evaluasi lagi kebiasaan di pagi hari dengan melakukan beberapa kebiasaan yang mampu mengubah hidup Anda. (iStockphoto/PeopleImages)

Rutinitas pagi bakal menentukan bagaimana Anda melalui hari juga bagaimana hidup Anda. Penting untuk membangun kebiasaan baik di pagi hari agar hidup juga lebih baik.

Apa hal pertama yang Anda lakukan di setelah bangun tidur? Sebagian mengecek ponsel, sebagian lain menyalakan tombol ‘Snooze’ pada alarm dan memilih tidur lagi.

Sebaiknya evaluasi lagi kebiasaan di pagi hari dengan melakukan beberapa kebiasaan yang mampu mengubah hidup Anda sebagai berikut.

1. Matikan alarm dan bangun

Sekali dengar alarm di pagi hari, sebaiknya Anda langsung mematikan alarm dan beranjak dari kasur. Suatu kebiasaan buruk jika Anda malah menekan tombol ‘Snooze’ demi tidur 5-10 menit lebih lama.

“Snooze adalah awal yang salah untuk memulai hari. Dalam jangka pendek, menekan ‘Snooze’ mungkin terasa seperti kemenangan tetapi memiliki utilitas terbatas dalam mencapai tujuan istirahat jangka panjang,” kata Erin Engle, psikolog klinis di Columbia University Irving Medical Center, seperti dikutip dari Insider.

2. Beranjak dari kasur

Sebagian orang memilih tetap rebahan di kasur meski sudah terjaga. Ada sekian banyak alasan termasuk merasa masih banyak waktu jelang jam kerja. Engle mengingatkan sebaiknya Anda segera beranjak dari kasur.

“Langkah pertama adalah beranjak dari kasur. Kemudian, pilih satu aktivitas yang bisa menarik fokus, mungkin berdoa, afirmasi, peregangan, atau menggosok gigi,” ujarnya.

Satu aktivitas rutin setelah bangun tidur akan membantu melepas stres mendorong kapasitas tubuh untuk menangani tantangan dan bisa melalui hari dengan lebih baik. Bagaimana dengan membaca? Boleh saja.

3. Merapikan tempat tidur

Ini mungkin terdengar seperti sebuah pekerjaan rumah. Namun saat sudah jadi kebiasaan, ini bakal membawa hidup jadi lebih baik.

Aktivitas beres-beres tempat tidur terbilang sederhana termasuk melipat selimut, merapikan bantal dan guling, tetapi ini ampuh membuat Anda merasa telah punya capaian. Seperti dilansir dari Pushfar, merapikan tempat tidur bisa mengurangi godaan untuk kembali rebahan.

4. Buka jendela

Biarkan udara segar dan sinar matahari masuk ruangan dengan membuka jendela kamar. Anda akan merasa lebih segar sebab ada sinar alami masuk dan ada sirkulasi udara.

5. Hindari ponsel

Sebaiknya hindari membuka ponsel atau gawai lain di pagi hari. Tanpa Anda sadari, mengulik notifikasi atau media sosial bakal menurunkan produktivitas di pagi hari.

Anda bisa mengisi pagi dengan aktivitas lain seperti meditasi, membaca buku, merapikan tempat tidur, atau menikmati segelas air sambil disirami sinar matahari.

6. Minum segelas air

Ahli gizi Eleana Kaidanian merekomendasikan untuk memulai hari dengan minum air putih daripada kopi atau teh. Air putih akan membantu tubuh mencerna makanan dengan baik, membantu penyerapan nutrisi dan membuang racun tubuh.

Agar rajin minum air putih di pagi hari, sebaiknya siapkan segelas air di dekat tempat tidur di malam hari. Begitu bangun, Anda akan langsung ingat rutinitas sehat ini.

7. Peregangan

Kata ‘olahraga’ kadang jadi beban sebab dilihat sebagai aktivitas fisik berat dan perlu waktu lama. Untuk menu di pagi hari, Anda bisa melakukan peregangan dalam beberapa menit.

Anda cukup melakukan gerakan peregangan sederhana mulai dari kepala, tangan, pinggang, hingga kaki.

8. Sarapan paling tidak satu jam setelah bangun

Kaidanian mengatakan Anda perlu ‘buka puasa’ setidaknya satu jam setelah bangun tidur. Makanan pertama Anda akan membangkitkan metabolisme tubuh.

Jika tubuh terlalu lama tidak mendapat asupan, metabolisme bakal melambat. Berbeda jika metabolisme berlangsung cepat sehingga tubuh bisa membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Tubuh pun lebih berenergi.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia