Foto: Ilustrasi Nyeri Punggung (Photo by Karolina Grabowska from Pexels)

David Geier, seorang ahli bedah ortopedi bersertifikat, spesialis kedokteran olahraga dan ahli kesehatan tulang dan sendi di Better Life Carolinas, berbagi tips mengenai gerakan atau peregangan yang dia lakukan setiap hari untuk mencegah nyeri punggung bawah.

Nyeri punggung bawah adalah salah satu penyebab utama kecatatan di seluruh dunia. Orang-orang dengan pekerjaan yang menuntut secara fisik atau yang memiliki kesehatan yang buruk termasuk di antara yang sering menderita, tetapi mereka yang duduk untuk waktu yang lama hampir sepanjang hari juga berisiko tinggi.

“Saya pernah mengalami ini secara langsung. Di awal usia 30-an, saya melukai punggung bagian bawah saat saya bangun dari kursi,” jelas Geier dikutip dari CNBC Internasional, Minggu (10/7/2022).

“Awalnya saya berasumsi itu hanya cedera ringan, tetapi bahkan berminggu-minggu setelahnya, saya masih merasakan sakit yang membuat aktivitas fisik menjadi sulit,” kata Geier lagi.

Untungnya, sebagai ahli bedah ortopedi dan dokter kedokteran olahraga hari ini, dia telah menemukan teknik yang telah membantu saya mencegah nyeri punggung bawah, yakni peregangan hamstring kaki lurus.

Kuncinya adalah melakukan peregangan ini pertama kali di pagi hari atau sebelum memulai beraktivitas.

Cara Melakukan Peregangan Hamstring Kaki Lurus

Peregangan tulang belakang lumbal dan hamstring dapat meredakan dan mencegah nyeri punggung bawah, jadi ini adalah jenis latihan yang dapat membantu meredakan nyeri pada sendi apa pun.

Setiap pagi, dia melakukan peregangan hamstring dengan sedikit modifikasi.

Berikut cara melakukannya:

1. Tempatkan kaki kanan Anda sekitar 18 inci di depan yang lain. Jaga jari-jari kaki dan kaki Anda mengarah ke depan dan jaga jarak dengan lebar yang nyaman.

2. Condongkan tubuh ke depan di pinggul dan rentangkan tangan ke depan. Pastikan Anda tidak membulatkan punggung bawah.

3. Tahan selama sekitar 20 hingga 30 detik.

4. Untuk bagian kedua dari peregangan ini, dorong pinggul Anda ke depan saat Anda memanjang ke belakang, melengkungkan punggung bawah dan menjaga tangan Anda tetap di samping tubuh Anda.

5. Tahan posisi itu, regangkan fleksor pinggul dari kaki belakang, selama 20 hingga 30 detik.

6. Ulangi kedua bagian peregangan di sisi lain dengan kaki kiri di depan.

Editor: ARON
Sumber: cnbcindonesia