Foto: Ilustrasi jus wortel. (Ist)

Salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami masyarakat adalah darah tinggi serta kolesterol.

Pada dasarnya, tubuh manusia membutuhkan senyawa kolesterol membantu produksi sel-sel sehat, sejumlah hormon, dan vitamin D. Hanya saja, kadar kolesterol jahat (LDL) yang berlebihan di dalam tubuh akan meningkatkan risiko terkena serangan jantung mendadak, stroke, dan masalah kesehatan lainnya.

Ternyata ada beberapa minuman yang diyakini bisa mengurangi atau menjaga kadar kolesterol tetap stabil. Berikut daftarnya:

a. Jus Apel

Pakar kesehatan Stephanie Leach merekomendasikan minuman yang satu ini. Kandungan fitokimia pada apel mampu mencegah oksidasi kolesterol jahat alias LDL.

Sebuah penelitian selama enam minggu yang melibatkan pria dan wanita sehat membuktikan khasiat konsumsi jus apel sama halnya dengan mengkonsumsi buah apel utuh.

Pria dan wanita tersebut memiliki kadar lemak, kolesterol dan karbohidrat serta gula dalam jumlah kalori yang sama. Yang membedakannya adalah mereka yang memakan buah apel utuh memiliki peningkatan asupan serat sebanyak 22%.

Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa mengonsumsi jus apel dalam jumlah cukup akan meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh. Pilihlah jus apel murni tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan.

Catatan penting, hindari membeli jus apel dalam kemasan yang banyak tersedia di supermarket. Sebab, besar kemungkinan jus tersebut mengandung bahan tidak alami dan gula berlebih. Yang terbaik adalah membuat jus apel sendiri di rumah.

b. Jus Wortel

Minuman yang satu ini seperti halnya dengan jus apel karena mengandung banyak serat larut. Maksud dari serat larut adalah bersifat mengikat kolesterol jahat dan mengeluarkannya dari tubuh. Bonusnya, jus wortel tinggi kandungan kalsium vitamin C.

Peran Vitamin C adalah metabolisme kolesterol sehingga tubuh bisa dengan mudah menyingkirkannya. Jus Wortel juga mengandung antioksidan kuat bernama betakaroten yang bersifat mengurangi oksidasi LDL.

c. Air Lemon

Minuman menyegarkan yang satu ini tak hanya bagus menurunkan berat badan, tapi juga mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Air lemon tinggi kandungan antioksidan dan pektin, yaitu serat larut yang menyehatkan jantung.

Sebuah penelitian juga menunjukkan manfaat konsumsi kulit lemon. Terdapat kandungan d-limonene yang terbukti mampu menurunkan kadar trigliserida.

d. Jus Delima

Buah yang disebut juga sebagai pomegranate ini kaya manfaat karena tinggi kandungan antioksidan. Mayo Clinic mengungkapkan jus delima mengandung antioksidan bernama polifenol. Jumlah antioksidan dalam jus delima disebut tiga kali lipat lebih banyak dari teh hijau atau red wine.

Asupan antioksidan yang tinggi berkaitan dengan kesehatan jantung dan kolesterol yang lebih baik. Pilihlah jus delima alami tanpa tambahan gula hingga pemanis buatan lainnya.

e. Teh Hijau

Healthline menjelaskan, teh hijau menjadi salah satu minuman sehat penurun kolesterol yang bisa dicoba. Hal ini karena teh hijau memiliki antioksidan tinggi.
Pilih teh hijau daun untuk mendapat manfaat yang maksimal daripada teh hijau celup. Hal ini tentu saja karena teh jenis ini sudah melalui banyak proses pengolahan.

Editor: ARON
Sumber: cnbcindonesia