Ilustrasi Makanan apa yang paling baik disantap saat sarapan untuk Pengidap Asam Lambung. (iStock )

Sarapan merupakan asupan makanan awal yang dapat membantu meningkatkan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Banyak kreasi menu sarapan yang dapat dipilih oleh seseorang sesuai dengan seleranya.

Namun, berbeda dengan pengidap maag yang harus memilih menu sarapan dengan tepat, salah memilih dapat meningkatkan produksi asam lambung yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Dikutip dari Very Well Health, terdapat berbagai menu sarapan bagi pengidap maag yang dapat menahan produksi asam lambung, seperti:

1. Oatmeal
Oatmeal adalah makanan yang menyehatkan jantung dan karena oat menyerap asam lambung, hal ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk mengurangi gejala naiknya asam lambung.

Anda dapat menambahkan rasa pada oatmeal dengan rasa tropis, seperti pepaya yang mengandung enzim yang disebut dengan papain yang dapat menjadi obat alami untuk penyakit maag.

2. Sereal
Menu sarapan yang pas untuk penderita maag adalah makan makanan kecil sehingga dapat menghindari tekanan pada lower esophageal sphincter. Semangkuk sereal dengan gandum utuh dan rendah gula adalah pilihan terbaik.

Anda dapat menambahkan susu almond, setengah genggam kismis, dan seperempat cangkir kacang favorit untuk menambahkan rasa tanpa memperparah gejala naiknya asam lambung.

3. Smoothie
Smoothie bisa menjadi pilihan menu sarapan yang enak dan sehat karena kaya akan vitamin. Kombinasikan beberapa buah favorit agar anda lebih menikmati menu tersebut.

Anda bisa memulai dengan buah pisang lalu diikuti dengan buah-buahan beku, seperti stroberi dan buah non-jeruk lainnya. Bisa juga ditambahkan satu sendok selai kacang sebagai protein dan susu almond sebagai krimnya.

4. Roti Panggang Alpukat
Alpukat merupakan buah yang tinggi akan lemak baik, dan rendah asam. Tak hanya itu, alpukat juga memiliki tekstur yang halus, sehingga cocok untuk pengidap maag.

Anda dapat mengombinasikan dua potong roti gandum utuh dengan setengah dari buah alpukat.

5. Yogurt dengan Buah
Produk susu tinggi lemak seringkali dapat menyebabkan mulas, namun anda dapat memilih produk yogurt rendah lemak bahkan non-lemak. Bahkan, terdapat beberapa produk yogurt non-susu, seperti yogurt kelapa dan susu almond.

Sajikan dengan buah rendah asam, seperti buah persik atau potongan apel untuk awal yang manis di pagi hari.

6. Telur Rebus
Banyak pendapat yang saling bertentangan tentang sarapan menggunakan telur bagi pengidap maag. Jika anda ingin memilih telur sebagai menu sarapan, hindari telur yang digoreng menggunakan mentega atau minyak.

Pilihannya adalah dengan merebus telur tersebut dan ditemani oleh secangkir teh jahe.

Editor: ARON
Sumber: detikfood