Ilustrasi. Buah tropis dari keluarga kaktus ini mengandung banyak nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ragam manfaat buah naga. (stokpic/Pixabay)

Buah naga yang merupakan buah tropis dari keluarga kaktus asal Meksiko dan Amerika Tengah, rupanya punya banyak manfaat. Sebab, ada banyak kandungan nutrisi di balik buah yang berwarna merah, bersisik seperti naga, dan berbintik biji hitam itu.

Manfaat buah naga pun tak main-main karena bisa mencegah penyakit kronis seperti jantung dan kanker sampai baik untuk pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh para ibu hamil.

Tak heran, buah naga pun disukai oleh masyarakat di dunia. Bahkan saat ini ada beberapa negara yang membudidayakan buah naga, seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Malaysia, hingga Indonesia.

Selain kaya nutrisi dan manfaat, buah naga juga punya rasa yang unik. Buah ini tidak terlalu manis, namun menyegarkan dan bisa dibuat apa saja.

Hal ini membuat buah naga semakin populer dari waktu ke waktu. Melansir Healthline, berikut 10 manfaat buah naga yang perlu diketahui.

1. Punya nutrisi yang lengkap
Manfaat buah naga yang utama adalah tinggi nutrisi, mulai dari kalori, protein, serta, vitamin, sampai mineral.

Studi mencatat satu cangkir jus buah naga memiliki 136 gram kalori, 3 gram protein, 29 gram karbohidrat, 7 gram serat, 8 persen zat besi, 18 persen magnesium, 9 persen vitamin C, dan 4 persen vitamin E.

Buah naga juga mengandung senyawa tanaman yang bermanfaat, seperti polifenol, karotenoid, dan betasianin.

2. Tinggi serat untuk kesehatan pencernaan
Buah naga memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Jika tubuh mendapat kandungan serat yang cukup, maka tubuh punya kekuatan untuk melindungi diri dari berbagai penyakit, seperti jantung, diabetes tipe 2, sampai bagus untuk menjaga berat badan.

Studi menyebutkan bahwa kandungan serat pada buah naga juga bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan serat harian.

3. Tinggi prebiotik
Buah naga punya kandungan prebiotik yang bisa meningkatkan keseimbangan bakteri asam laktat dan bifidobacteria yang baik untuk usus.

Bakteri baik ini diperlukan untuk menjaga usus. Artinya, manfaat buah naga bisa mengurangi risiko berbagai penyakit di usus, seperti infeksi saluran pencernaan, diare, radang usus besar, sampai kanker.

4. Zat besi untuk cegah anemia
Buah naga merupakan salah satu buah segar yang punya kandungan zat besi. Di dalam tubuh, zat besi berfungsi untuk mengangkut oksigen dalam darah ke seluruh tubuh.

Jika kekurangan zat besi, seseorang bisa menderita anemia. Selain itu, zat besi juga berguna untuk memecah makanan menjadi energi.

5. Perkuat sistem imun tubuh
Manfaat buah naga yang tak kalah penting adalah sebagai asupan nutrisi untuk memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh.
Pasalnya, buah naga punya kandungan vitamin C dan karotenoid yang bisa mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan.

6. Kaya antioksidan untuk cegah penyakit jantung
Buah naga juga kaya akan antioksidan yang bisa menetralkan radikal bebas yang sering merusak sel dan menimbulkan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, sampai radang sendi.

Selain karena antioksidan, buah naga juga mengandung betakaroten, likopen, dan betalain yang juga baik untuk mencegah penyakit kronis.

7. Magnesium untuk tulang dan sel
Magnesium dari buah naga bisa membantu tubuh untuk memecah makanan menjadi energi, kontraksi otot, pembentukan tulang, dan pembuatan sel DNA.

Tak hanya itu, magnesium juga diperlukan untuk mencegah penyakit jantung dan stroke.

8. Kontrol gula darah
Ilustrasi. Manfaat buah naga untuk bantu kontrol gula darah (iStockphoto/simpson33)
Buah naga punya cita rasa yang manis, tapi justru bisa menurunkan kadar gula dalam darah bila dikonsumsi secara teratur. Manfaat buah naga bisa untuk mengontrol gula darah para penderita diabetes tipe 2.

9. Turunkan kolestrol
Biji hitam pada buah naga rupanya mengandung asam lemak baik yang bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Ini juga bisa menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Biji hitam ini juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-9 serta minyak alami.

10. Baik untuk ibu hamil
Manfaat buah naga yang tak kalah penting adalah punya kandungan kalsium untuk membantu perkembangan tulang janin. Buah naga juga punya kandungan zat besi untuk mencegah anemia yang kerap dialami ibu hamil.

Selain itu, buah naga juga mengandung asam folat yang diperlukan selama masa kehamilan agar janin tidak lahir cacat. Berbagai manfaat buah naga ini bisa membantu mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Editor: ARON
Sumber: cnnindonesia