Foto: Getty Images/iStockphoto

Bagi pencinta kopi, seduhan kopi tanpa campuran bahan apapun sudah enak. Agar rasanya makin nikmat bisa ditambahkan rempah hingga beragam jeruk.

Banyak cara untuk menikmati kopi. Ada yang diseduh langsung dengan air panas lalu dinikmati dengan atau tanpa gula. Tetapi ada juga racikan kopi dengan berbagai jenis bahan. Selain menambah rasa juga khasiat sehat.

Dilansir dari Coffee Affection (7/1), kopi akan terasa makin nikmat jika diberikan tambahan bahan pada racikannya. Seperti menambahkan rempah-rempah, buah citrus, hingga minuman beralkohol.

Berikut 6 bahan yang enak ditambahkan dalam seduhan Kopi.

1. Rempah-rempah

Bahan campuran kopi agar racikannya lebih nikmat Foto: Getty Images/iStockphoto

Rempah-rempah memang kerap digunakan untuk bumbu masakan. Namun, bisa juga digunakan untuk membuat kue, pengobatan tradisional, hingga minuman yang menyehatkan.

Kopi juga bisa dicampur dengan rempah. Seperti batang kayu manis atau sepotong jahe segar bisa memberi rasa dan aroma kopi menjadi lebih enak. Selain itu kedua rempah ini juga dikenal berkhasiat menyehatkan.

2. Ekstrak Penambah Aroma

Tak hanya rempah saja, tapi ekstrak makanan juga cocok dicampurkan dalam racikan kopi. Seperti ekstrak vanilla, almond, atau peppermint.

Jika menambahkan ekstrak vanilla, kamu bisa merasakan aroma manis semerbak. Padukan juga racikannya dengan tambahan susu atau susu nabati.

3. Buah Citrus

Bahan campuran kopi agar racikannya lebih nikmat Foto: Getty Images/iStockphoto

Buah citrus atau keluarga jeruk yang terdiri dari lemon, jeruk, jeruk nipis, dan lainnya ternyata juga cocok diracik bersama kopi. Rasa yang dihasilkan akan menyegarkan, terutama diracik bersama kopi cold brew.

Lemon coffee juga diketahui menyehatkan tubuh jika rutin dikonsumsi. Baik untuk melunturkan lemak perut dan membantu diet. Yang sedang populer, es kopi ditambahkan irisan jeruk nipis atau lemon.

4. Mentega

Mentega biasa digunakan untuk menumis atau membuat kue. Kerap juga digunakan untuk olesan roti panggang. Mentega yang creamy jarang digunakan untuk minuman, tapi bisa diracik bersama kopi hitam.

Racikan kopi hitam dan mentega ini dinamakan Bulletproof coffee. Rasa mentega yang creamy bisa menjadi pengganti krimer dan menambahkan rasa lebih kaya.

5. Cokelat

Kalau menyukai mochaccino, racikan kopi ini terdiri dari kopi hitam dan bubuk kakao yang diseduh menjadi satu. Kalau tidak memiliki bubuk kakao, bisa dengan menambahkan cokelat leleh.

Bisa juga dengan menambahkan sirup cokelat ke atas buih kopi latte. Ada sensasi pahit dan manis ketika menyesapnya.

6. Minuman Beralkohol

Bahan campuran kopi agar racikannya lebih nikmat Foto: Getty Images/iStockphoto

Meski terlihat aneh, ternyata ada kreasi kopi yang dicampur dengan minuman beralkohol. Seperti menambahkan rum yang membuat cita rasa manisnya terasa unik.

Ada juga racikan Irish Coffee yang terbuat dari paduan kopi hitam, whiskey, gula, dan topping krim. Rasanya seperti kopi manis yang kuat. Kopinya cukup kental dengan rasa creamy nikmat.

Editor: HER
Sumber: detikfood