Direktur Utama PT PLN Batam, Nyoman S. Astawa menyerahkan bantuan secara seremonial di Pusat Pertenakan Sapi dan Kambing, Sungai Temiang.

Hari Raya Idul Adha merupakan puncak dari Ibadah Haji yang dirayakan dengan penuh suka cita oleh umat muslim di seluruh dunia. Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah yang jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022, serta sebagai wujud kepedulian terhadap sesama, PT PLN Batam kembali melaksanakan program Penyerahan Bantuan CSR Hewan Kurban kepada para panitia kurban masjid sekitar wilayah operasional perusahaan.

Meskipun situasi pandemi Covid-19 belum sepenuhnya hilang serta penyebaran penyakit kuku dan mulut (PMK) yang ditemukan pada sebagian hewan ternak di Batam, tidak menyurutkan semangat PT PLN Batam untuk memaknai hari besar umat muslim dengan mendistribusikan sebanyak 58 hewan kurban yang terdiri dari 11 ekor sapi dan 47 ekor kambing kepada masyarakat yang membutuhkan.

Bantuan secara seremonial diserahkan langsung oleh Direktur Utama PT PLN Batam, Nyoman S. Astawa bersama jajarannya di Pusat Pertenakan Sapi dan Kambing, Sungai Temiang, Batam, Jumat (8/7/2022), ia mengatakan apa yang dilakukan PT PLN Batam ini diharapkan mampu menambah semarak perayaan Idul Adha.

“Di masa penuh tantangan, kita dituntut untuk berubah dan bergerak cepat, ini butuh perjuangan yang luar biasa. Untuk itu melalui momen dari Idul Adha ini harus kita tanamkan dan jalankan, bagaimana kita bisa terus membantu sesama dan berkorban untuk perusahaan yang kita cintai ini, PLN Batam. Sama halnya dengan hakikat kurban yang memberikan hewan terbaik untuk dikurbankan, meski penuh tantangan PT PLN Batam tetap dituntut untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan pelanggan yang ada di Batam,” ujar Nyoman dalam sambutannya.

Tidak lupa Nyoman mengatakan bahwa bantuan ini merupakan wujud syukur atas rahmat yang dilimpahkan Allah SWT kepada semua. Ia berharap bantuan ini dapat menjadi ladang ibadah bagi pegawai PT PLN Batam.

“Meningkatkan silaturahmi dan kebersamaan dengan masyarakat adalah salah satu bentuk wujud bahwa PLN Batam hadir di Batam bukan hanya sekedar menyediakan listrik semata, tapi juga bisa hadir pada aspek-aspek kehidupan yang lain. Mohon bantuan doa dari Bapak/Ibu semua mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Esa terus memberikan perlindungan, kekuatan dan jalan kemudahan bagi PLN Batam dalam memberikan pelayanan listrik terbaik, andal dan cukup serta dapat menyediakan listrik yang ekonomis, tetap terjangkau bagi masyarakat,” pinta Nyoman.

Pada kesempatan penyerahan bantuan kurban tersebut PT PLN Batam juga mengundang Ustadz Robi Kurniawan LC untuk menyampaikan tausyiah serta memimpin doa. Dalam tausyiahnya Ustadz Robi menerangkan bahwa hakikat dari kurban itu sendiri adalah pendekatan diri untuk menjadi pribadi yang bersih, lepas dari sifat-sifat tidak baik yang ada pada diri manusia.

“Melalui momentum penyemblihan hewan kurban, semoga menghapus sifat yang tidak baik dalam diri kita. Begitu juga dari pendekatan sosial, hewan yang kita kurbankan tidak bisa dikonsumsi sendiri, niatnya adalah dibagikan, berbagi bersama dengan anak yatim, fakir miskin dan kaum dhuafa. Alhamdulillah hewan yang dikurbankan PLN Batam terlihat sehat dan gemuk-gemuk semua. Semoga menjadi berkah bagi semua,” beber Ustadz Robi.

Sementara itu, mewakili masyarakat yang menerima bantuan, Parlaungan Siregar mengucapkan rasa bangga dan terimakasihnya atas bantuan yang diberikan PT PLN Batam.

“Ini merupakan salah satu contoh yang baik dalam menyambung tali silahturami antara PLN Batam dengan masyarakat. Semoga bantuan kurban yang berasal dari sumbangsih perusahaan dan pekerja PLN Batam menjadi berkah, bermanfaat bagi semua pihak. Saya juga mengharapkan agar perhatian dari PLN tak hanya berhenti di sini namun dapat terus berlanjut bagi masyarakat yang membutuhkan di masa yang akan datang,” harap Parlaungan.

Editor: WIL