Foto: Dok. Biznet

Keberadaan internet saat ini memiliki dampak yang positif untuk sektor pendidikan. internet sudah menjadi sebuah kebutuhan baik untuk sekolah, guru dan siswa.
Pemanfaatan internet untuk sekolah, salah satunya untuk mendorong minat belajar siswa di sekolah, penunjang dalam proses belajar mengajar dan untuk menunjang semua aktivitas di sekolah terutama di era digitalisasi saat ini. internet merupakan perpustakaan terbesar di dunia. Dengannya, siswa dapat dibantu dengan materi-materi video yang telah banyak dibuat hampir seluruh bidang.

Digitalisasi merupakan hal yang tidak bisa dihindari, ditambah adanya pandemi COVID-19 mendorong penerapan metode pembelajaran jarak jauh dan hybrid antara guru dan murid. Maka tidak dapat dimungkiri, internet telah membawa perubahan yang besar pada sektor pendidikan. Digitalisasi ini juga membantu guru untuk memperoleh informasi terbaru maupun fenomena yang terjadi pada saat ini yang kemudian dihubungkan dengan materi pelajaran yang disajikan di sekolah sehingga meningkatkan minat belajar siswa.

Cara pembelajaran ini tentu lebih menarik dibandingkan dengan metode pelajar terpusat yang terasa monoton. Di sisi lain, jika internet terpasang di sekolah akan menjadi sarana terbaik bagi para murid untuk bisa mendapatkan informasi terkait materi pembelajaran secara cepat, seperti materi pelajaran silabus, hingga soal-soal pelajaran maupun cara mengerjakannya. Tentunya pemanfaatan internet ini perlu di perhatikan oleh para guru agar para siswa mengakses internet secara positif. Selain itu untuk pihak sekolah dan guru, internet bisa dimanfaatkan untuk meng-upgrade informasi serta referensi bahan ajar mengenai referensi literatur dalam dunia pendidikan agar para siswa menjadi lebih aktif dan semangat dalam belajar. Ditambah dengan penggunaan smartboard (papan pintar), siswa dapat dijelaskan dengan materi-materi video yang menarik.

Selain untuk mencari informasi mengenai pembelajaran, internet juga bisa menjadi sarana para siswa untuk mencari beasiswa, baik di dalam maupun luar negeri dan modul pembelajaran secara lebih luas. Maka sangat diperlukan bagi sekolah untuk menyediakan infrastruktur serta koneksi internet yang dapat diandalkan dalam mendukung proses pembelajaran. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah berbagai manfaat penyediaan koneksi internet di lingkungan sekolah.

1. Meningkatkan Kerja Sama
Adanya koneksi internet akan membantu siswa lebih mudah melakukan komunikasi saat sedang mengerjakan tugas kelompok. Dengan koneksi internet, mereka akan belajar saling berbagi informasi atau berbagi data bukan hanya melalui aplikasi chatting namun bisa melalui email.

2. Mempermudah Pemberian Tugas
Guru dapat lebih mudah menyampaikan tugasnya melalui email atau media chatting. Tidak hanya itu, mereka juga bisa menerapkan pengumpulan tugas secara online, misalnya dengan menggunakan google drive atau platform cloud lainnya.

3. Proses Belajar Lebih Menarik
Proses belajar dengan sistem pasif di mana murid hanya mendengarkan penjelasan dari guru terkadang terasa membosankan. Dengan adanya koneksi internet di sekolah, guru bisa memberikan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif, misalnya melalui video atau konten-konten yang ada di internet.

4. Mendorong Kreativitas Pelajar
Internet juga bisa mendorong kreativitas para pelajar. Mereka bisa didorong lebih produktif dengan berkreasi menulis cerpen, blog dan memanfaatkan media sosial semaksimal mungkin, dengan cara meminimalisir dampak negatif.

5. Mencegah ‘Gagal Teknologi’
Dengan kemajuan teknologi yang pesat seperti sekarang, mungkin banyak yang berpikir semua orang sudah bisa menggunakan internet. Kenyataannya masih banyak masyarakat yang ‘gagal teknologi’. Untuk itu, adanya fasilitas internet di sekolah dapat membantu mereka lebih mengenal teknologi ini dan bisa memanfaatkannya dengan positif dan baik.

Biznet Educationnet
Selain itu, pihak sekolah juga bisa menyediakan perlengkapan perangkat teknologi yang memadai seperti perangkat komputer. Hal tersebut bertujuan untuk menunjang kualitas belajar yang tentunya terkoneksi dengan layanan internet WiFi terbaik, yang akan menunjang kualitas belajar menjadi lebih menarik. Dalam hal ini, rekomendasi layanan internet yang tepat adalah Biznet Educationnet, layanan Biznet Dedicated internet yang dikhususkan untuk segmen sekolah dan institusi pendidikan dengan kapasitas bandwidth mulai dari 100 Mbps hingga 10 Gbps. Selain itu, pihak sekolah juga dapat menikmati layanan Biznet Hotspot, layanan free WiFi dari Biznet dengan kecepatan 100 Mbps, untuk membantu fokus kegiatan operasional menjadi lebih efisien.

Biznet Educationnet memiliki jaringan yang simetris, tentunya ini sangat menguntungkan bagi pihak sekolah. Dengan kecepatan download, kecepatan upload yang stabil tidak perlu khawatir akan gangguan koneksi internet dalam kondisi apapun. Sehingga ketika melakukan upload dan download file, video konten yang besar maupun saat video conference pelanggan Biznet tidak perlu khawatir akan gangguan koneksi internet.

Menyediakan layanan internet di sekolah akan meningkatkan kreativitas, sehingga menghasilkan para pelajar menjadi pintar dan wawasan ilmu pengetahuan yang luas. Berikut contoh beberapa sekolah di Indonesia yang menggunakan layanan Biznet Educationnet, yang mendukung proses pembelajaran dan mencetak banyak pelajar yang berprestasi baik dalam bidang akademik dan non akademik, salah satunya:

Jakarta
Untuk kota Jakarta, Biznet Educationnet hadir di beberapa sekolah salah satunya sekolah Kanisius dan Santa Ursula, merupakan sekolah terbaik di area Jakarta yang banyak mencetak para pelajar yang berprestasi. Adanya internet sangat membantu untuk operasional sekolah, kuis online bagi para siswa, serta membantu submit tugas dan pekerjaan rumah para siswa.

Bandung
Biznet Educationnet hadir di beberapa sekolah hingga universitas terbaik di kota Bandung, seperti SMK Negeri 3 Bandung, Yayasan Widya Karma, dan Universitas Aisyiyah. Penggunaan internet ini untuk membantu akses ke portal sekolah, operasional seperti tata usaha hingga untuk kebutuhan laboratorium.

Yogyakarta
Di Kota Pelajar, Biznet Educationnet juga mendukung aktivitas digital untuk keperluan sekolah terbaik di Yogyakarta seperti sekolah SMK 2, SMA Stelladuce 1 dan BOPKRI 1 peranan internet di sekolah ini untuk membantu aktivitas belajar para pelajar dan operasional sekolah.

Surabaya
Sejumlah sekolah terbaik di Kota Surabaya menggunakan fasilitas Biznet Educationnet seperti di SMA Santa Maria, SMAN 9 Surabaya, SMAN 16 Surabaya. internet dimanfaatkan untuk menghubungkan para guru ke portal dinas pendidikan atau untuk memberikan ujian online.

Layanan Biznet Educationnet diharapkan dapat memperkuat serta mengembangkan sistem pembelajaran di sekolah, yang berguna juga untuk menunjang kegiatan sekolah semakin efektif, tentunya wajib diawasi oleh para guru. Untuk berlangganan Biznet Educationnet, Anda bisa menghubungi langsung sales Biznet.

Untuk informasi tentang perusahaan dan layanan Biznet, Anda dapat mengunjungi:

* biznetnetworks.com
* Kunjungi Biznet Store terdekat di kota Anda, untuk daftar lokasi dapat dilihat di biznetnetworks.com/location
* Live Chat di biznetnetworks.com
* Call Center Biznet 1500988

Editor: ARON
Sumber: detiknews