Setelah berpesta daging kurban saat Idul Adha, kolesterol bisa saja naik. Namun ada sayuran penurun kolesterol yang bisa dikonsumsi demi menurunkan kolesterol.(ImagesBG/Pixabay)

Setelah berpesta daging kurban saat Idul Adha, kolesterol bisa saja naik. Namun ada sayuran penurun kolesterol yang bisa dikonsumsi demi menurunkan kolesterol.

Kolesterol adalah zat menyerupai lilin yang mengalir dalam aliran darah. Namun tak semua kolesterol itu buruk. Secara umum kolesterol dibagi menjadi dua yaitu LDL dan HDL. LDL merupakan kolesterol buruk yang menyebabkan Anda terkena serangan jantung dan stroke karena menyumbat arteri dengan plak.

Sedangkan HDL adalah kolesterol baik untuk tubuh tubuh.Ada beberapa sayuran penurun kolesterol.

Makanan-makanan berikut bisa membantu Anda untuk menurunkan atau bahkan menormalkan tingkat kolesterol dalam tubuh setelah makan daging terlalu banyak.

Berikut beberapa sayuran penurun kolesterol:

1. Kentang
Kentang panggang mengandung potasium sehat yang lebih baik daripada pisang. Mendapatkan jumlah nutrisi penting yang cukup ini bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.

2. Tomat
Sumber potasium lainnya adalah tomat. Selain potasium, tomat juga mengandung vitamin A dan C, lycopene yang bisa menurunkan kadar LDL dalam tubuh.

3. Bayam
Sayuran ini ternyata tak cuma membuat Popeye jadi kuat. Namun menambahkan sayuran hijau termasuk bayam akan membantu menurunkan kolesterol dengan meningkatkan produksi nitric oxide (NO) yang akan membantu membersihkan pembuluh darah dan mengurangi atherosclerosis.

4. Terong
Siapa sangka ternyata terong juga bisa membantu untuk menurunkan tingkat stres. Ini termasuk proses yang bisa meningkatkan kolesterol dengan adanya inflamasi kronis dan pembentukan plak.

Mengutip berbagai sumber, selain terong, okra juga bisa membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan asupan serat. Terong juga menjadi salah satu sayuran penurun kolesterol.

5. Brokoli
Brokoli termasuk sayuran penurun kolesterol. Sayuran ini serba guna, lezat, dan penuh nutrisi yang menyehatkan jantung untuk membantu Anda mengelola kolesterol.

“Brokoli adalah sayuran lain yang bagus untuk menurunkan kolesterol karena memiliki kadar serat dan vitamin C yang tinggi. Brokoli juga mengandung beta-karoten, yang membantu mencegah oksidasi kolesterol LDL (jenis jahat) dalam aliran darah,” kata Ahli gizi Janet Coleman.

6. Okra
Mirip dengan rasa terong, okra adalah sayuran rendah kalori yang sempurna sebagai menu makan malam yang sehat dan kaya akan serat larut yang menyehatkan jantung. Ini juga merupakan sumber polifenol yang baik, yang melawan peradangan secara alami sebagai bagian dari diet seimbang.

7. Asparagus
Asparagus adalah sayuran lain yang penuh dengan nutrisi bermanfaat, jadi cobalah memanggang beberapa asparagus sebagai sayuran penurun kolesterol.

“Asparagus mengandung vitamin, mineral, serat, dan nutrisi lain yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Kaya akan folat, asparagus juga membantu menurunkan kadar homosistein dalam tubuh, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan meningkatkan sirkulasi,” kata Coleman soal sayuran penurun kolesterol.

Editor: ARON
Sumber: cnnindonesia