WhatsApp Reactions kini bisa pakai semua emoji. Begini caranya. Foto: Dok. REUTERS/Thomas White/File Photo.

WhatsApp belum lama ini merilis fitur emoji reactions yang memungkinkan pengguna memberikan reaksi dalam bentuk emoji untuk pesan yang diterima. Tidak berhenti sampai di situ, WhatsApp kini meluncurkan versi terbarunya yang mendukung semua emoji.

WABetaInfo melaporkan bahwa fitur emoji reactions versi baru ini sudah tersedia untuk beta tester WhatsApp. Fitur ini sudah tersedia di WhatsApp beta untuk Android versi 2.22.15.6, versi 2.22.15.7, dan WhatsApp beta untuk iOS versi 22.14.0.71, seperti dikutip dari WABetaInfo, Sabtu (2/7/2022).

Saat fitur emoji reactions pertama kali diluncurkan, WhatsApp hanya menyediakan enam pilihan emoji yaitu emoji hati, jempol ke atas, tertawa sambil menangis, terkejut, menangis, dan emoji maaf/terima kasih.

Dengan fitur emoji reactions versi terbaru, pilihan emoji yang ditawarkan tidak hanya terbatas di enam opsi tersebut dan pengguna WhatsApp bisa menggunakan semua emoji yang tersedia saat ini.

Cara menggunakan fitur emoji reactions versi baru di WhatsApp masih sama seperti versi sebelumnya. Hanya ada satu langkah tambahan untuk mengakses semua koleksi emoji. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pastikan kalian sudah tergabung menjadi beta tester WhatsApp
  • Buka aplikasi WhatsApp dan pilih salah satu chat, baik individu maupun grup
  • Tekan dan tahan salah satu pesan yang ada di chat, baik yang kalian kirimkan atau terima
  • Kalian akan melihat bilah berisi enam emoji yang bisa langsung ditekan. Untuk mengakses lebih banyak emoji, ketuk ikon plus yang ada di ujung kanan
  • Pilih salah satu dari kumpulan emoji yang ada di keyboard untuk mengirimkan reaksi
Tampilan fitur emoji reactions versi baru di WhatsApp Foto: Screenshot/detikINET

Perlu diingat bahwa fitur ini baru tersedia untuk pengguna WhatsApp yang bergabung menjadi beta tester dan belum tersedia untuk semua pengguna. Kalau kalian sudah menjadi beta tester dan belum menemukan fitur ini, jangan khawatir karena WhatsApp akan menggulirkannya ke lebih banyak pengguna dalam beberapa pekan ke depan.

Untuk pengguna WhatsApp yang belum tergabung menjadi beta tester tidak perlu khawatir. WhatsApp akan meluncurkan fitur ini dalam versi stabil untuk pengguna Android dan iOS dalam waktu dekat.

Editor: ARON

Sumber: detiknet