Ingin cepat menurunkan berat badan dan mengempeskan perut buncit? Mulai sekarang, atur jam makan Anda.

Banyak orang dengan seksama memikirkan daftar menu makanan sehat untuk mendukung program diet. Tapi, mereka lupa mengatur waktu makan.

“Waktu makan Anda sama pentingnya dengan apa yang Anda makan dan berapa banyak yang Anda makan. Jadi, jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat, cobalah makan pada waktu yang sama setiap hari,” kata Niti Desai, konsultan gizi yang berbasis di Mumbai, India, seperti dikutip dari Times of India.

Menurut Desai, banyak orang tak memperhatikan waktu makan. Padahal, waktu makan yang tidak teratur bisa merusak rencana diet saat mencoba menurunkan berat badan.

Berikut waktu makan terbaik mulai dari sarapan hingga makan malam.

1. Sarapan

Untuk penurunan berat badan, waktu sarapan terbaik adalah 12 jam setelah makan malam.

Seperti dikutip dari Eating Well, secara teknis orang akan ‘berpuasa’ setelah makan malam. Anda pasti tidak akan makan selama tidur.

Anda bisa mulai melahap menu sarapan 12 jam setelah waktu makan malam. Misalnya, jika Anda makan malam pukul 19.00 WIB, maka Anda disarankan sarapan pukul 07.00 WIB pagi.

Teori lain mengatakan waktu sarapan terbaik antara pukul 6-10 pagi. Hal ini dilakukan agar tubuh segera mendapatkan nutrisi sekaligus tidak mengganggu jam makan siang.

2. Ngemil pertama

Ilustrasi. Mengatur jam makan dapat membantu menurunkan berat badan. (iStock/monkeybusinessimages)

Tubuh memerlukan waktu empat jam untuk mencerna dan menyerap nutrisi makanan. Para ahli menyarankan agar makan selingan atau ngemil setidaknya 2-4 jam setelah sarapan.

3. Makan siang

Tak masalah jika Anda mau mulai melahap menu makan siang pada pukul 12 siang. Jam berapa pun boleh, asalkan tak melebihi pukul 3 sore.

Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition memeriksa 300 diet untuk menurunkan berat badan. Peneliti menemukan, orang yang makan siang lebih awal bisa menurunkan lebih banyak kilogram berat badan daripada yang terlambat makan siang.

4. Ngemil kedua

Seperti ngemil pertama, Anda perlu memberikan jeda 2-4 jam setelah makan siang. Konsumsi makan selingan akan mencegah Anda makan berlebihan saat makan malam nanti.

Camilan yang disarankan antara lain, kacang-kacangan, buah potong, atau smoothies.

5. Makan malam

Para ahli menyarankan untuk makan malam lebih awal. Anda disarankan untuk makan malam antara pukul 5 sore hingga maksimal pukul 7 malam.

Saat Anda makan malam lebih awal,tubuh akan lebih efektif membakar kalori, mengontrol kadar gula darah, dan membantu sistem pencernaan berjalan optimal, serta memberikan tubuh jeda waktu tanpa makanan.

Setelah makanan dicerna, perut pun kosong sehingga tubuh melakukan ‘pekerjaan lain’ seperti pembakaran lemak dan regulasi hormon yang berpengaruh pada nafsu makan dan gula darah.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia