Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepri Hasan, mewakili Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad hadir sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanalan oleh Dewan Pers di Best Western Hotel, Panbil, Kota Batam, Jumat  (1/7/2022).

Selain Kadis Kominfo Kepri, hadir juga dalam kesempatan ini Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt, Ketua Komisi Pemberdayaan Organisasi Dewan Pers, Ketua PWI Provinsi Kepri, Koordinator LU IJTI Provinsi Kepri, Tim penguji kompetensi wartawan dan peserta uji kompetensi wartawan.

Kegiatan UKW ini sendiri dibuka oleh Ketua Komisi Pemberdayaan Organisasi Dewan Pers, Asmono Wikan.

Asmono berharap kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan, acuan sistem evaluasi kinerja wartawan oleh perusahaan pers serta menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik. Menjaga harkat martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual, serta menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan.

Hasan mengatakan, tujuan UKW adalah untuk menciptakan pekerja pers atau wartawan yang berkompeten, baik secara wawasan, jaringan, keilmuan, kepatuhan terhadap UU Pers nomor 40 tahun 1999 dan sebagainya.

Wartawan yang sudah teruji kompetensinya, menurut Hasan, tidak diragukan lagi dalam menulis berita. Karena etika penulusan, estetika kata-kata dalam menulis sebuah berita sudah lebih tertata. Dan tentu didukung dengan data dan fakta, serta yang penting selalu konfirmasi.

“Pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan uji kompetensi untuk wartawan seperti ini. Lebih banyak yang sudah UKW, maka akan semakin baik, karena pemerintah juga sangat membutuhkan kredibilitas wartawan yang baik dalam upaya memberi informasi kepada masyarakat, mengedukasi, memotivasi dan bahkan tidak sedikit tulisan wartawan yang kemudian dijadikan rujukan literasi,” kata Hasan.

Wartawan di Kepri, kata Hasan, sangat banyak yang masing-masing tergabung dalam organisasi pers seperti PWI, AJI, IJTI dan sebagainya.

“Alhamdulillah sejauh ini hubungan pemerintah dengan insan pers di Kepri sudah berjalan dengan baik. Kami harap semua hal yang sudah baik, agar tetap bisa dipertahankan, dan bahkan kita tingkatkan,” ujarnya.

Masih Hasan, pemerintah juga senantiasa memberikan support atau dukungan, baik noril maupun materil melalui organisasi pers yang ada selama ini. Tak lain harapannya agar pers di kepri lebih baik dalam menyajikan berita dan liputan.

“Mari sama-sama membangun Kepri, sesuai dengan porsi dan bidangnya masing-masing. Untuk insan pers tentunya berperanlah dengan tulisan-tulisan yang membangun dan bukan justru tulisan  yang memecah belah. Untuk membangun Kepri, masyarakat harus bersatu, dan pers punya peran yang sangat penting dalam upaya menyatitukan masyarakat,” pungkas Hasan.

Editor ARON