Pada 6 April 2022, tepatnya di Los Angeles, Amerika Serikat, para ilmuwan melakukan aksi protes untuk memberikan peringatan kepada seluruh penduduk Bumi agar bersama-sama menyelamatkan Bumi yang semakin kritis.

Setelah aksi tersebut, tagar #Let The Earth Breath berhasil menjadi trending topik di Twitter. Terlebih lagi, ilmuwan NASA, Bernama Peter Kalmus turut hadir kembali dalam aksi peduli Bumi melalui media sosial Twitter.

Pada akun sosial media Twitternya @ClimateHuman ia mengunggah sebuah video dan disertai dengan tulisan “I’m grateful we tried. Man, oh, man did we try” dalam twit yang diunggah pada Selasa, 12 April 2022.

Adanya berbagai aksi, baik secara langsung, pun seruan melalui media sosial Twitter ini menjadi langkah awal untuk mulai sekarang setiap manusia harus berpartisipasi menjaga keselamatan Bumi. Tak harus aksi penyelamatan yang besar, dengan langkah yang paling sederhana juga sangat berarti. Salah satunya, melalui penghapusan e-mail yang sudah menumpuk.

Cara Menghapus Email Sekaligus

Bahkan, e-mail yang telah terkirim di setiap harinya juga otomatis tersimpan di cloud storage yang mana merupakan mesin data center dengan penyedotan listrik dalam jumlah besar.

Setiap orang yang menjadi pelakunya tak akan bisa membayangkannya karena tak melihat asap keluar dari komputernya, tetapi jejak karbon dari teknologi informasi itu sangatlah besar dan terus berkembang, lho.

Meski menurut ahli menghapus e-mail yang telah menumpuk ini tidak berpengaruh secara siginifikan, namun setidaknya ini menjadi satu langkah kecil untuk sadar diri turut berpartisipasi menjaga Bumi. Berikut ini cara lengkap untuk menghapus e-mail sekaligus.

  • Masuk ke dalam akun Gmail yang dimiliki, pilih menu “Kotak Masuk”
  • Klik simbol kotak pada bagian kiri atas
  • Pilih Kategori pesan yang ingin dihapus
  • Centang pesan yang hendak dihapus, klik simbol “Hapus”
  • Pindah ke menu “Sampah”
  • Centang simbol kotak pada bagian kiri atas
  • Klik “Hapus Selamanya”

Editor: ARON
Sumber: kumparan