Belakangan viral bahasa gaul di TikTok lewat kemunculan istilah ‘cewek kue’, ‘cewek mamba’, dan ‘cewek bumi’.

Sepintas, istilah-istilah itu terdengar aneh. Namun, rupanya istilah itu muncul berdasarkan kebiasaan berpakaian kaum Hawa.

Seperti dikutip dari Wolipop, diyakini akun TikTok @javamassie adalah yang kali pertama mempopulerkan istilah ini.

Sebenarnya, apa, sih, arti istilah cewek kue, cewek mamba dan cewek bumi?

1. Cewek kue

Kue yang dimaksud dalam istilah ‘cewek kue’ di sini memang berarti makanan ringan atau camilan berupa kue. Disebut ‘cewek kue’ karena berkaitan dengan pemilihan busana serba cerah dan suka makan kue.

Cewek kue artinya mereka yang suka memadupadankan warna dalam berbusana. Tak hanya warna-warni, kaum ini juga suka bermain tabrak warna yang terbilang berani.

Akun @javamassie mencirikan cewek kue kerap mengenakan tas kecil, baju warna-warni dan kongko  di kafe atau street gallery. Jangan lupa pesan kopi atau minuman lain, serta kue sebagai kudapan.

2. Cewek mamba

Ilustrasi. Viral soal istilah cewek mamba, cewek bumi, dan cewek kue di TikTok. (AFP PHOTO/BEHROUZ MEHRI)

Ini mungkin mengingatkan Anda akan lagu debut girl group asal Korea Selatan aespa, yakni “Black Mamba”. Tak salah memang, sebab ‘cewek mamba’ di sini diambil dari bahasa gaul ‘black mamba’ yang berarti perempuan yang gemar tampil serba hitam.

Warna hitam identik dengan warna kegemaran kaum Adam. Saat perempuan mengenakan busana serba hitam, ada kesan ‘boyish‘, minimalis, dan simpel.

Cewek mamba juga lekat dengan gaya gothic, lengkap dengan riasan smokey eyes, sepatu bot, dan aksesori serba bling-bling. Mereka juga kerap diasosiasikan dengan musik rock yang dikenal keras.

3. Cewek bumi

‘Cewek bumi’ artinya perempuan yang suka mengenakan busana dengan warna bumi (earth tone). Misalnya saja cokelat, abu-abu, krem, hijau tua, teracota, maupun oranye.

Warna-warna bumi di atas biasanya dipadukan dengan warna netral seperti hitam dan putih.

Demikian arti cewek kue, cewek mamba dan cewek bumi. Anda masuk kategori mana?

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia