Pojok Batam

5 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Ilustrasi. Cara mengembalikan file yang sempat terhapus di flashdisk. (Pixabay/Unsplash)

Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk bisa dilakukan sendiri dengan langkah-langkah berikut.

Terhapusnya file di dalam flashdisk yang tidak disengaja, kerap kali membikin panik karena biasanya data di dalam flashdisk berisikan file-file penting.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya file di dalam flashdisk yang terhapus itu tidak sepenuhnya hilang. Dalam beberapa kasus, file tersebut disembunyikan oleh virus, sehingga masih bisa dipulihkan kembali.

Berikut lima cara memulihkan file yang terhapus di flashdisk.

1. Command Prompt

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk mengembalikan file yang terhapus di flashdisk yaitu dengan menggunakan Command Prompt.

Command Prompt atau CMD adalah sebuah aplikasi command line interpreter (CLI) yang ada di sistem operasi Windows. Aplikasi bawaan Windows ini dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah, salah satunya mengatasi file yang terhapus di flashdisk. Berikut caranya:

Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk dengan menggunakan Command Prompt diatas juga berlaku untuk penyimpanan eksternal lainnya seperti hard disk dan micro SD.

 

2. Windows Backup

Windows memiliki fitur bawaan lainnya yang dapat membantu mengembalikan data yang terhapus, fitur ini bernama Windows Backup. Melalui fitur ini data yang terhapus di flashdisk dapat dipulihkan kembali. Berikut caranya:

Ilustrasi. Cara mengembalikan file yang sempat terhapus di flashdisk. (Pixabay/Unsplash) 

3. Pulihkan File dari Versi Sebelumnya

Jarang diketahui banyak orang bahwa cara sederhana ini ternyata cukup membantu untuk mengembalikan file yang terhapus di flashdisk.

Versi sebelumnya merupakan salinan file dan folder yang disimpan secara otomatis oleh Windows. Daftar versi file berasal dari Riwayat File Windows atau titik pemulihan. Jika Anda telah mengaktifkan salah satunya, Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut ini.

4. Menggunakan Software Easeus

Easeus Data Recovery Wizard merupakan aplikasi tambahan yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang terhapus di flashdisk. Aplikasi ini memiliki fungsi yang sama dengan Recycle Bin yaitu untuk mengembalikan file yang telah terhapus.

Jika Anda telah mencoba beberapa cara sebelumnya namun belum juga berhasil, Anda bisa mencoba cara ini dengan mengunduh aplikasi Easeus terlebih dahulu. Berikut caranya.

5. Menggunakan Software Recuva

Ada beragam software yang dapat digunakan untuk mengembalikan file Anda yang terhapus di flashdisk, salah satunya yaitu aplikasi Recuva. Aplikasi Recuva ini mampu mengembalikan berbagai jenis file Anda yang terhapus secara permanen mulai dari dokumen, musik, hingga video.

Itulah tadi beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk yang dapat Anda coba. Semoga dapat membantu.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia

Exit mobile version