Ilustrasi. Ada sederet makanan pencegah kanker serviks yang patut Anda masukkan dalam diet harian. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani)

Diet dan nutrisi berperan dalam pengembangan kanker serviks. Ini berarti, ada sederet makanan pencegah kanker serviks yang patut Anda masukkan dalam diet harian.
“Banyak riset menunjukkan manfaat luar biasa berkaitan dengan diet dan kanker. Asupan mayoritas berbahan dasar tumbuhan adalah yang terbaik,” ujar Susan Moores, ahli diet, seperti dikutip dari Everyday Health.

Kemudian makanan apa saja yang bisa mencegah kanker serviks? Berikut diantaranya, mengutip berbagai sumber.

1. Jus cranberry
Buah dan sayur mutlak diperlukan untuk mencegah kanker serviks. Seperti dikutip dari Medical News Today, sebuah studi observasional pada hampir 300 ribu wanita menemukan, peningkatan asupan buah dan sayur yang kaya antioksidan berhubungan dengan penurunan risiko kanker serviks.

Menambah konsumsi buah harian hingga 100 gram, khususnya cranberry, diyakini dapat menurunkan risiko kanker serviks. Buah satu ini bisa dikonsumsi langsung atau biasanya diperoleh dalam bentuk jus.

2. Brokoli
Brokoli bisa Anda masukkan jadi makanan pencegah kanker serviks. Kenapa? Brokoli merupakan salah satu sayuran dengan kandungan flavonoid tinggi.

Flavonoid terbukti memiliki beragam efek antikanker. Dalam studi yang diterbitkan di jurnal Nutrients, flavonoid mampu menekan proliferasi dan invasi sel kanker.

Selain brokoli, bahan pangan yang tinggi flavonoid antara lain adalah kubis, bawang putih, kale, kedelai, dan apel.

3. Bayam
Studi menunjukkan, makanan kaya folat atau vitamin B larut air mengurangi risiko kanker serviks pada orang dengan HPV.

Para ahli belum bisa memastikan seperti apa kinerja folat dalam pencegahan kanker serviks. Namun, ada kemungkinan folat membantu tubuh menghentikan infeksi HPV agar tidak kambuh lagi sehingga risiko kanker menurun.

Sayuran hijau termasuk bayam tinggi akan asam folat. Dikutip dari WebMD, sekitar 128 gram bayam mentah mengandung 58 mikrogram folat. Sedangkan pada 64 gram bayam matang mengandung 131 mikrogram folat.

4. Ubi
Konsumsi ubi, terutama yang berwarna oranye, bisa diandalkan untuk jadi cara mencegah kanker serviks. Manfaat ini didapatkan berkat kandungan karotenoid, komponen yang memberikan warna oranye cerah pada ubi.

Karotenoid sendiri merupakan sumber vitamin A yang membantu mengurangi risiko kanker serviks.

Selain ubi, masukkan pula jenis pangan lain yang punya kandungan karotenoid tinggi seperti wortel dan labu kuning.

5. Ikan kembung
Pangan tinggi omega 3, termasuk ikan kembung, merupakan salah satu makanan yang bisa menurunkan risiko kanker serviks. Seperti dikutip dari Times of India, omega 3 bertindak sebagai antiradang atau antiinflamasi.

Selain omega 3, padukan nutrisi dengan serat larut air dan probiotik sehingga ketiganya bisa mencegah perkembangan infeksi HPV jadi kanker serviks.

Serat larut air bisa diperoleh dari sereal, biji-bijian, oatmeal, dan kacang merah. Kemudian probiotik bisa diperoleh dari yogurt dan pangan hasil fermentasi lain.

6. Kacang-kacangan
Menjaga berat badan juga berarti menjauhkan diri dari risiko berbagai macam penyakit, termasuk kanker. Sebaiknya batasi konsumsi lemak, terutama yang mengandung asam lemak jenuh.

Sebagai gantinya, konsumsi lemak sehat sebagai makanan pencegah kanker serviks.

Lemak sehat atau lemak tak jenuh bisa diperoleh dari kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak zaitun.

Editor: ARON
Sumber: cnnindonesia