Banyak orang tidak menyadari gejala-gejala awal kanker kolorektal (kanker usus besar). Padahal tanda-tanda itu bisa dilihat dari kebiasaan buang air besar yang tidak normal.

Hal ini juga dibenarkan oleh Ahli Kanker dari fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang dr. Noza Hilbertina, M Biomed, SpPA. Noza menjelaskan tinja yang berubah menjadi hitam akibat pendarahan pada usus bisa menjadi salah satu indikasi gejala kanker usus besar.

“Perubahan warna itu karena pendarahan, karena sel kanker itu rapuh. Jadi, dia membentuk pembuluh-pembuluh darah yang rapuh. Jadi, kalau ada tekanan sedikit misalnya fesesnya agak keras saja, lalu kegeser pembuluh darahnya dan pecah darahnya jadi mewarnai fesesnya,” kata dr Noza, beberapa waktu lalu.

Namun, dia menjelaskan warna tinja yang terindikasi kanker usus besar pun tak selalu berwarna hitam. Karena letak pendarahan di dalam usus yang menentukan warna tinja akan menjadi seperti apa ketika buang air besar nanti.

“Tergantung pendarahannya, tergantung lokasi darahnya juga sebenarnya,” ucap dr Noza. “Kalau pendarahannya (posisinya) lebih ke atas lagi pendarahannya bisa jadi kehitaman.”

Berikut beberapa gejala kanker usus yang harus diwaspadai :

1. BAB berdarah
2. Perubahan pola BAB seperti sering diare atau sembelit
3. BAB tidak tuntas
4. Perut Kembung
5. Rasa tidak nyaman pada rektum saat BAB
6. BAB jadi cair
7. Perut sakit atau keram
8. Sakit anus
9. Kelelahan ekstrem
10. Anemia
11. Berat Badan turun
12. Muncul benjolan di anus atau rektum.

Namun, mengalami berbagai gejala di atas bukan berarti Anda pasti menderita kanker usus. Anda disarankan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikannya.

Editor: ARON
Sumber: cnbcindonesia