Ilustrasi. Ada beberapa kebiasaan minum yang bikin cepat tua. (PublicDomainPictures/Pixabay)

Penuaan memang tidak bisa dihindari. Tapi, tanda-tanda penuaan bisa Anda samarkan.
Caranya adalah dengan menghindari beberapa kebiasaan minum yang bikin cepat tua. Beberapa minuman disebut dapat membuat tanda-tanda penuaan muncul dengan lebih cepat.

Mengutip Mayo Clinic, tanda-tanda penuaan sebenarnya bisa dilawan dengan menjaga lima kebiasaan baik. Diantaranya melindungi diri dari paparan sinar matahari, tidak merokok, merawat kulit dengan baik, mengelola stres, dan diet sehat termasuk mengonsumsi cukup cairan.

Kebiasaan Minum yang Bikin Cepat Tua
Meski asupan cairan dirasa cukup, bukan berarti Anda tetap sehat. Ada beberapa kebiasaan minum yang harus dihindari agar awet muda, seperti berikut mengutip berbagai sumber.

1. Terlalu banyak minum soda
Soft drink memang bisa memuaskan dahaga. Tapi terlalu sering meminum soda jadi kebiasaan minum yang bikin cepat tua.

Soft drink atau minuman bersoda mengandung tinggi gula sehingga bisa memicu aneka masalah kesehatan.

Mengutip Eat This Not That, ahli diet Edibel Quintero mengatakan bahwa tak cuma memicu kenaikan berat badan dan menyebabkan berbagai penyakit, tapi gula juga bisa meningkatkan risiko penuaan dini.

“Lebih lanjut, gula meningkatkan penuaan dini dan bisa mengarah pada penyakit autoimun seperti lupus dan rheumatoid arthritis,” kata Quintero.

2. Jus kemasan sebagai pengganti buah
Jus kemasan kerap menggaungkan penggunaan bahan-bahan alami dan ‘100 persen buah’. Tak heran jika banyak orang yang tergoda dan menganggapnya sebagai pengganti buah.

Sebaiknya kurangi konsumsi jus kemasan sebab terdapat kandungan gula tambahan yang tinggi. Jika Anda bosan dengan air putih yang tawar, sebaiknya tambahkan potongan lemon, stroberi, daun mint, atau buah lain untuk memberikan rasa sekaligus menambah manfaat.

3. Minum dengan tambahan pemanis buatan
Keputusan untuk mengganti minuman manis bergula dengan minuman manis dengan pengganti gula rupanya tidak tepat. Masalah yang ditimbulkan sebenarnya sama saja.
Ahli diet Mindy Hear mengatakan bahwa banyak orang beralih ke minuman dengan pemanis non-nutrisi seperti suclarose. Padahal, minuman jenis ini mengandung lebih banyak kalori. Bahkan, lebih banyak daripada minuman bersoda.

4. Sering minum alkohol
Anda bakal kesulitan mempertahankan penampilan muda dan segar jika terus-terusan meneguk minuman beralkohol. Kebiasaan minum ini bikin Anda cepat tua.

“Alkohol bisa mengakibatkan lebih banyak kecelakaan serta jatuh dan patah tulang yang memiliki efek lebih merusak seiring bertambahnya usia,” kata Haar.

Selain itu, konsumsi alkohol berlebihan berkaitan dengan beberapa jenis kanker dan kerusakan liver.

Pada wanita, alkohol bisa memperburuk kondisi osteoporosis diabetes dan tekanan darah tinggi yang sudah ada sebelumnya.

5. Kurang minum
Asupan cairan harus cukup sehingga hidrasi tubuh terjaga. Mereka yang kekurangan asupan cairan bakal cepat tua tanpa disadari.

“Hidrasi yang memadai penting sepanjang hidup karena air menyediakan lingkungan untuk reaksi metabolisme, sama seperti bahan bangunan untuk bagian tubuh, termasuk kulit,” jelas Haar.

Berapa banyak cairan yang diperlukan tubuh? Rumus umum menyebut setidaknya Anda perlu meminum delapan gelas sehari atau sekitar 1,5 liter. Namun, kebutuhan ini bakal berbeda pada tiap orang tergantung aktivitas, lingkungan tempat tinggal, dan diet harian.

Air yang masuk ke tubuh tidak selalu dari air putih, tetapi juga sayur dan buah.

Untuk itu, hindari beberapa kebiasaan minum yang bikin cepat tua di atas agar tubuh dan penampilan tetap terlihat segar.

Editor: ARON
Sumber: cnnindonesia