Pisang dan alpukat kerap diolah menjadi jus. Tapi, siapa sangka jika kedua buah tersebut sebenarnya tak disarankan dibuat jus?
Faktanya, memang ada beberapa buah yang tidak bisa dibuat jus. Saat dijadikan jus, kandungan nutrisi pada buah akan rusak.

Pada dasarnya, konsumsi buah-buahan memang bisa menutrisi tubuh. Beberapa orang mengolahnya menjadi jus agar lebih nikmat saat disantap.

Namun, sebenarnya akan lebih baik jika Anda mengonsumsi buah dalam kondisi utuh. Nutrisi pada beberapa buah akan hilang saat dijadikan jus.

Berikut daftarnya.

1. Pisang
Pisang mengandung nutrisi penting seperti potasium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, dan serat. Rasanya yang manis dan mudah dikonsumsi membuat pisang cocok dijadikan menu sarapan atau camilan sehat.

Anda tak disarankan untuk mengolah pisang, seperti dibuat jus. Pasalnya, pisang tidak memiliki cukup cairan di dalamnya.

2. Alpukat
Alpukat dikenal sebagai salah satu sumber lemak tak jenuh yang sehat. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin C, folat, dan kalium.

Sama seperti pisang, alpukat juga tak disarankan diolah menjadi jus. Pasalnya, alpukat memiliki konsistensi lembut dan tidak berair. Kondisi ini membuat alpukat sulit untuk mengeluarkan ekstrak jus.

3. Mangga
Buah yang sebaiknya tak dibuat jus lainnya adalah mangga. Padahal, jus mangga menjadi minuman segar saat cuaca panas.

Buah mangga dipercaya mampu meningkatkan sistem imun, menjaga kesehatan pencernaan, hingga menurunkan risiko kanker.

Meski begitu, mangga tak bisa diolah secara sembarangan. Untuk bisa diolah, mangga memiliki tekstur yang terlalu lembut dan mudah hancur.

Jika pun mau, olah mangga dalam kondisi beku.

4. Ceri
Ceri merupakan buah yang kaya serat, protein, vitamin A, dan vitamin C. Seperti buah beri lainnya, ceri juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas penyebab penyakit kronis.

Buah satu ini sebaiknya tak dijadikan jus karena teksturnya yang lembek dan kecil. Namun, Anda bisa menggunakannya sebagai pelengkap atau hiasan sebuah sajian.
5. Blueberry
Sebagai buah rendah kalori, blueberry cocok bagi Anda yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan.

Selain itu, buah ini juga kaya akan serat, antioksidan, dan mineral.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia