Ilustrasi. Ada beberapa bahaya makan berlebihan yang perlu diketahui. (iStockphoto/AsiaVision)

Ketika makanan favorit tersaji di depan mata, Anda mungkin tidak sabar dan kalap hingga menyantapnya terlalu banyak. Tapi hati-hati dengan bahaya makan berlebih.

Tidak peduli perut merasa kenyang, ketika mulut masih bisa mengunyah Anda mungkin tidak akan berhenti makan makanan tersebut. Kebiasaan ini dikenal dengan istilah overeating.

Saat kebiasaan overeating berlanjut, kondisi kesehatan akan terganggu. Ada beberapa efek terlalu banyak makan yang bisa dialami, mulai dari mual hingga muntah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Physiology: Endocrinology and Metabolism mengatakan bahwa pada dasarnya makan berlebihan yang dilakukan sesekali tidak menimbulkan efek samping. Tapi, jika overeating dilakukan secara teratur, hal itu justru dapat memengaruhi tubuh.

Efek Negatif Makan Terlalu Banyak

Sebagaimana dilansir dari Health Shoot, risiko utama makan berlebihan juga dikaitkan dengan asupan kalori tinggi yang dapat meningkatkan risiko kesehatan secara keseluruhan. Berikut ini beberapa bahaya makan berlebihan.

1. Diabetes

Kelebihan berat badan akibat makan berlebih adalah faktor terbesar dibalik risiko diabetes tipe 2.

Makan berlebihan secara kronis menghentikan sel darah untuk mengubah glukosa darah menjadi energi dan membuat kadar gula darah Anda lebih sulit dikendalikan.

2. Meningkatkan risiko kesehatan kardiovaskular

Ilustrasi. Penyakit jantung, salah satu bahaya makan berlebihan. (iStock/Nopphon Pattanasri)

Makan berlebihan dapat meningkatkan penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya. Studi oleh American Heart Association menemukan, risiko serangan jantung melonjak empat kali setelah dua jam makan berlebihan pada mereka yang sudah memiliki penyakit jantung.

3. Kelebihan lemak tubuh

Keseimbangan kalori harian ditentukan oleh berapa banyak kalori yang dikonsumsi versus berapa banyak yang Anda bakar.

Dikutip Healthline, ketika makan lebih dari yang Anda keluarkan, ini dikenal sebagai surplus kalori. Tubuh akan menyimpan kalori tambahan ini sebagai lemak.

4. Merusak fungsi otak

Seiring waktu, bahaya makan berlebihan dapat membahayakan fungsi otak. Beberapa penelitian mengaitkan makan berlebihan secara rutin dan obesitas dengan penurunan mental pada orang dewasa yang lebih tua, dibandingkan dengan mereka yang tidak makan berlebihan.

Satu studi pada orang dewasa yang lebih tua menemukan bahwa kelebihan berat badan memengaruhi memori secara negatif dibandingkan dengan individu dengan berat badan normal.

5. Bisa bikin mual

Efek terlalu banyak makan lainnya adalah mual dan adanya gangguan pencernaan yang tidak nyaman.

Dalam kasus yang parah, mual ini dapat memicu muntah yang merupakan cara tubuh menghilangkan tekanan perut akut.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia