FIFA resmi mengumumkan 16 kota yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada.

Dikutip dari Reuters, sebanyak 22 kota di tiga negara bersaing menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026. Enam kota yang tidak lolos verifikasi Cincinnati, Denver, Nashville, Orlando, Washington DC/Baltimore dan Edmonton.

Amerika Serikat akan menggelar Piala Dunia 2026 di 11 kota: Seattle, San Francisco, Los Angeles, Kansas City, Dallas, Atlanta, Houston, Boston, Philadelphia, Miami dan New York/New Jersey.

Tiga kota di Meksiko yang dipilih adalah Mexico City, Guadalajara dan Monterrey. Sementara Kanada akan menggelar Piala Dunia 2026 di Vancouver dan Toronto.

“Ini jelas proses paling kompetitif dalam menentukan kota Piala Dunia, kami akan memiliki seluruh dunia datang ke sini, dan kami sangat antusias menyambut turnamen ini,” ucap Infantino dalam pengumuman di Rockefeller Center, New York, Jumat (17/6) pagi WIB.

Meski sudah menentukan 16 kota Piala Dunia 2026, FIFA belum menunjuk kota yang akan menjadi lokasi pertandingan pembukaan dan final.

“Masih ada diskusi yang harus dilakukan, dan tentunya kami akan memilih kota terbaik untuk pertandingan pembuka dan final. Tapi di Piala Dunia, setiap pertandingan adalah final,” ucap Infantino.

Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada mengalahkan Maroko dalam bidding tuan rumah Piala Dunia 2026. Amerika sebelumnya menggelar Piala Dunia pada 1994, Meksiko pada 1970 dan 1986, dan Kanada akan menjalani debut sebagai tuan rumah.

Daftar 16 Kota Piala Dunia 2026
Amerika Serikat: Seattle, San Francisco, Los Angeles, Kansas City, Dallas, Atlanta, Houston, Boston, Philadelphia, Miami dan New York/New Jersey.
Meksiko: Mexico City, Guadalajara dan Monterrey
Kanada: Vancouver dan Toronto

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia