Seperti diberitakan sebelumnya, Harbour Front Ferry Terminal Singapura akan kembali dibuka Rabu, (15/6/2022) untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19 melanda.

Dibukanya kembali Pelabuhan Harbour Front salah satunya adalah merupakan realisasi usulan Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad kepada Pemerintah Pusat untuk melobi Pemerintah Singapura membuka kembali pelabuhan utamanya tersebut selain Tanah Merah Ferry Terminal.

Menindaklanjuti hal tersebut, Gubernur Ansar melakukan pertemuan dengan beberapa operator kapal cepat yang melayani trip Kepri-Singapura yaitu Majestic Ferry, Sindo Ferry, BatamFast dan Horizon Ferry. di Meeting Room Aston Hotel Batam, Selasa (14/6).

Untuk lebih menggairahkan antusiasme wisatawan asing, Gubernur Ansar meminta para operator kapal cepat tersebut untuk melakukan penyesuaian harga tiket trip Singapura-Kepri dan sebaliknya secara berangsur.

“Dengan dibukanya kembali Harbour Front, diikuti dengan penyesuaian harga tiket, juga relaksasi lain seperti visa on arrival saya yakin antusiasme wisman dari Singapura akan melonjak untuk datang ke Kepri yang pasti mereka rindukan itu” ujar Gubernur.

Untuk memastikan trip di hari pertama pembukaan kembali Harbour Front tersebut lancar, Gubernur Ansar meminta Kepala DInas Pariwisata Buralimar dan Kepala Dinas Perhubungan Junaidi untuk memonitor kedatangan wisman dari Singapura. Gubernur juga menyatakan masih mengupayakan jumlah negara subjek bebas visa kunjungan agar dapat berjumlah sebanyak sebelum pandemi Covid-19.

“Kita akan usahakan agar visa on arrival (VoA) dihapus. Saat ini ada 9 negara Bebas Visa Kunjungan, 72 VoA. Yang 72 negara diupayakan sebagaimana sebelum Covid ada 169 negara BVK,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama Kadis Pariwisata Buralimar mengatakan akan Ada 35 trip feri berlayar dari Batam ke HarbourFront Ferry Terminal di Singapura pada pembukaan kembali Harbour Front ini.

“Dari Batam Center ada Majestic 9 kali, Sindo 9 kali, BatamFast 9 kali dan Horizon 8 kali dari Harbour Bay” jelas Buralimar

Sedangkan trip ke Tanah Merah Ferry Terminal yang juga beroperasi, Buralimar menambahkan akan ada trip dari Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center ada Majestic Ferry 3 trip dan Sindo Ferry 3 trip serta 2 trip feri BatamFast dari Nongsapura Ferry Terminal.

Editor: ARON