Timnas Portugal yang tidak diperkuat Cristiano Ronaldo takluk 0-1 dari Swiss dalam laga lanjutan Grup 2A UEFA Nations League di Stade de Geneve, Senin (13/6) dini hari WIB.
Portugal tidak diperkuat Ronaldo di laga ini. Pemain Manchester United itu tidak dimasukkan pelatih Fernando Santos dalam skuad untuk laga kontra Swiss.

Portugal bahkan langsung dikejutkan oleh Swiss saat laga baru berjalan satu menit. Umpan silang Silvan Widmer mampu ditanduk Haris Seferovic untuk menggetarkan gawang Rui Patricio.

Portugal sempat mendapatkan peluang melalui Danilo Pereira dan Andre Silva tetapi belum berbuah gol penyama kedudukan. Setelah itu, pertandingan berjalan alot dan kedua tim kesulitan menciptakan peluang.

Skor 1-0 untuk keunggulan Swiss atas Portugal bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Portugal semakin bernafsu untuk bisa menyamakan kedudukan. Pemain pengganti, Goncalo Guedes coba melepaskan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti yang masih menyamping di sisi kanan gawang pada menit ke-59.

Swiss merespons dengan peluang yang didapat tuan rumah tiga menit berselang. Seferovic melepaskan tembakan kaki kiri tetapi belum mampu membahayakan gawang Rui Patricio.

Setelah itu pertandingan dikuasai Portugal. Peluang demi peluang didapat Portugal tetapi penampilan apik dari Jonas Omlin di bawah mistar Swiss membuat semua peluang yang didapat tim tamu mentah.

Swiss pun bisa menjaga keunggulan 1-0 atas Portugal hingga pertandingan usai. Kemenangan ini juga menjadi yang pertama buat Swiss dari tiga empat laga yang sudah dilakoni.

Di pertandingan grup 2A lainnya, Spanyol berhasil meraih kemenangan atas Republik Ceko di Estadio La Rosaleda. Spanyol mengamankan tiga poin berkat gol yang dijaringkan Carlos Soler pada menit ke-24 dan Pablo Sarabia (75′).

Hasil ini membuat Spanyol naik ke puncak klasemen dengan delapan poin. La Furia Roja unggul satu poin atas Portugal yang turun ke posisi kedua.

Susunan pemain
Swiss (4-3-3): Jonas Omlin; Silvan Widmer, Manuel Akanji, Nico Elvedi, Ricardo Rodriguez; Remo Freuler, Granit Xhaka, Djibril Sow; Xherdan Shaqiri, Haris Seferovic, Breel Embolo

Portugal (4-3-3): Rui Patricio; Joao Cancelo, Pepe, Danilo Pereira, Nuno Mendes; Vitinha, Ruben Neves, Bruno Fernandes; Otavio, Andre Silva, Rafael Leao

Editor: ARON
Sumber: cnnindonesia