Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengalahkan Liang Wei Keng/Wang Chang dalam final Indonesia Masters 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (12/6/2022) sore.

Pasangan ganda putra dengan peringkat ketiga terbaik di Indonesia langsung gencar menyerang lawan yang merupakan andalan baru China.

Ganda pelatnas Cipayung itu menghadapi lawan yang juga berupaya selalu menekan. Fajar/Rian memimpin perolehan poin dengan dibuntuti Liang/Wang cukup ketat.

Selepas skor 4-3, Fajar/Rian tampak mendominasi pertandingan dan tidak memberi kesempatan bagi lawan untuk bangkit. Fajar/Rian menorehkan tujuh poin beruntun dan memimpin 11-3 pada saat interval gim pertama.

Setelah laga kembali dilanjutkan, Fajar/Rian terus melanjutkan dominasi. Saat mencapai poin 14, Fajar/Rian sempat terkunci. Lawan pun menambah poin sehingga memangkas jarak menjadi setengah angka 14-7.

Fajar/Rian kembali mendulang poin dan membukukan keunggulan 18-8. Serangan tak henti Fajar/Rian mengamankan gim pertama dengan skor 21-10.

Liang/Wang tidak ingin kalah start di gim kedua. Pasangan peringkat 424 itu berusaha menyerang Fajar/Rian. Kemampuan Fajar/Rian dalam bertahan menjadi kunci membalikkan keadaan dari 1-2 menjadi 3-2.

Kombinasi serangan Fajar/Rian sempat membuat keunggulan menjadi jauh. Namun kesalahan beruntun dari pasangan Indonesia membuat Liang/Wang mendekat. Fajar/Rian masih memimpin dengan selisih satu poin.

Skor menjadi setara pada kedudukan 6-6. Fajar/Rian kemudian tertinggal dua angka tetapi bisa menyamakan angka lagi menjadi 8-8. Fajar/Rian ada dalam posisi tertinggal pada interval gim kedua.

Liang/Wang melanjutkan keunggulan setelah rehat. Fajar/Rian terus memburu poin guna menjaga jarak. Setelah tertinggal 11-14, Fajar/Rian membuat skor kembali imbang.

Torehan poin Fajar/Rian selanjutnya membuat mereka berbalik unggul. Pasangan peringkat tujuh dunia itu menjauh dari Liang/Wang. Kombinasi bertahan dan menyerang yang diperagakan Fajar/Rian membuat Liang/Wang melakukan kesalahan sendiri.

Fajar/Rian memimpin hingga empat poin dan membukukan angka 20-16. Liang/Weng menggagalkan kesempatan pertama Fajar/Rian, namun kemudian sebuah pengembalian Fajri membuat skor menjadi 21-16.

Fajar/Rian menjadi pemenang Indonesia Masters 2022.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia