Aneh tapi nyata, ternyata ada orang yang fobia jadi kaya raya, punya banyak uang. Inilah deretan fobia paling aneh di dunia.

Apa itu fobia? Fobia merupakan istilah untuk mendefinisikan ketakutan yang berlebihan akan sesuatu sehingga membuat penderitanya kesulitan menjalani hidup yang tenang. Jika fobia sudah sangat parah, penderitanya harus menerima perawatan profesional.

Tidak semua fobia mudah diterima oleh orang awam. Inilah fobia aneh tapi nyata:

1. Arachibutyrophobia

Bagi beberapa orang, selai kacang merupakan salah satu jenis makanan yang bisa mereka jadikan sebagai pelengkap dalam makanan lain, seperti roti atau biskuit. Meskipun itu, tidak sedikit pula orang-orang yang menganggap selai kacang sebagai salah satu jenis makanan yang sebisa mungkin harus mereka hindari.

Golongan terakhir yang menghindar ini biasanya memiliki kondisi arachibutyrophobia alias ketakutan kalau-kalau ada selai kacang yang menempel di langit-langit mulut mereka. Seperti dikutip dari The Recovery Village, penderita fobia ini biasanya hanya bisa menoleransi sedikit kandungan selai kacang pada makanannya, sedangkan penderita lainnya biasanya akan menghindarinya sama sekali.

2. Arithmophobia

Yang benci pelajaran hitung-hitungan pasti menduga-duga apakah mereka termasuk ke dalam kategori penderita fobia angka alias arithmophobia ini. Jawabannya, bisa jadi!

Sebab, tanda dari seseorang yang memiliki fobia ini adalah kecemasan ketika harus berurusan dengan angka dan hitungan secara umum atau ketika melihat beberapa angka saja, seperti 4, 13, dan 666 yang diasosiasikan dengan pertanda negatif dalam beberapa budaya.

3. Plutophobia

Jika mayoritas orang sangat mendambakan kehidupan sejahtera dan bergelimang harta, maka pengidap plutophobia adalah kebalikannya. Ya, meskipun sulit untuk dibayangkan, rupanya ada orang di muka bumi ini yang nggak suka punya uang ataupun jadi kaya raya.

Biasanya jenis fobia ini berakar dari ketakutan seseorang akan tanggung jawab dan berbagai risiko yang akan mereka hadapi akibat kekayaannya itu, contohnya parno kalau bakalan jadi korban perampokan.

Editor: HER

Sumber: detiklifestyle