Wales lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar setelah menang 1-0 atas Ukraina dalam laga playoff di Stadion Cardiff, Minggu (5/6/2022).

Meski berstatus sebagai tim tamu Ukraina lebih bermain agresif sejak awal. Salah satunya percobaan Ruslan Malinovsky pada menit keempat yang digagalkan Wayne Hennessey.

Ukraina yang terus menekan Wales kebobolan lebih dahulu lewat gol bunuh diri kapten Yarmolenko pada menit ke-34.

Yarmolenko bunuh diri karena salah mengantisipasi tendangan bebas Gareth Bale. Bola yang disundul Yarmolenko untuk dibuang masuk ke gawang kiper Georgiy Bushchan.

Wales nyaris menggandakan kedudukan pada awal babak kedua jika Aaron Ramsey tidak membuang peluang pada menit ke-49.

Sontekan Ramsey dari jarak dekat gagal mengarah ke gawang Ukraina setelah memanfaatkan operan Kieffer Moore.

Usaha Breman Johnson menambah keunggulan Wales pada menit ke-75 gagal setelah tendangan volinya yang memanfaatkan umpan silang Connor Roberts membentur tiang.

Penyelamatan krusial dilakukan Bushchan pada menit ke-76 setelah mementahkan peluang gol tendangan voli kaki kiri Gareth Bale usai memanfaatkan assist Ramsey.

Yarmolenko yang berupaya menebus kesalahan di babak pertama masih gagal mencetak gol setelah peluang pada pada menit ke-78 diblok Ben Davies.

Kiper Wayne Hennessey membuat gawang Wales terhindar dari kebobolan berkat penyelamatan gemilang pada menit ke-84.

Pada momen itu Ukraina menyerang Wales lewat umpan silang Vitali Mykolenko. Artem Dovbyk yang berada di depan gawang Wales dengan mudah menyundul bola. Akan tetapi Hennessey dalam posisi yang tepat dan menggagalkan sundulan Dovbyk.

Tanpa tambahan gol Wales menang 1-0 dan lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia